KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA BERDASARKAN INFORMATION LITERACY STANDARS FOR STUDENT LEARNING

Iga Dwi Rahmala, Heri Suwignyo, Taufiq Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi informasi pemustaka berdasarkan standar literasi informasi siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi informasi pemustaka di perpustakaan SMK Negeri 4 Malang berdasarkan tiga kategori yang diuraikan dalam 16 sub indikator dari standar literasi informasi siswa dalam pembelajaran menunjukan kecenderungan memiliki nilai rata-rata baik yaitu sejumlah 3,56.

Full Text:

PDF

References


American Association of School Librarians dan Association for Educational Communications and

Technology. 1998. Information Literacy Standart for Student Learning. Amerika: American Library

Association.

Antasari, Indah Wijayanti. 2017. Literasi Informasi Pemustaka di Perpustakaan IAIN Purwokerto

Berdasarkan Model The Seven Pillars, (OnlineProsiding ). Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional

Dokumentasi dan Informasi dengan Tema Pemanfaatan Data, Informasi, dan Pengetahuan dalam

Repositori dan Depositori Nasional, PDII LIPI, Jakarta, 25-26 Oktober, hlm. 137-150.

Batubara, Abdul Karim. 2015. Literasi Informasi di Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan dan Informasi,

(Online), vol.9 (1), hlm. 43-56.

Catts, Ralph, Jesus Lau. 2008. Towards information literacy indicators. Paris: UNESCO.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2010. Literasi Informasi. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Harsiati, T., & Priyatni, E. T. (2018). Karakteristik Tes Literasi Membaca Pada Programme For International

Student Asessment (Pisa). BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 1–11.

Hjørland, Birger. 2008. Information Literacy and Digital Literacy. Denmark: Royal School of Library and

Information Science. Dari http://ojs.letras.up.pt/ojs/index.php/prismacom/article/view/2080/1915

Lau, Jesús. 2006. Guide lines on information literacy for life long learning. USA: IFLA.

Mirazita, Yanuarizka, Yuli Rohmawati. 2015. Studi Literasi Informasi Mahasiswa Ko-Asisten Fakultas

Kedokteran Universitas Diponegoro menggunakan The Empowering Eingh Model. Jurnal Ilmu

Perpustakaan, (Online), vol. 4 (2), hlm. 1-8, (http://id.portalgaruda.org/).

Satria, Rio dan Tarmizi Melvina. 2017. Identifikasi Bentuk Tindak Plagiat Pada Penulisan SkripsiMahasiswa

Program Studi Pendidikan Fisika Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, (Online), vol. 2

(2), hlm. 231-237.

Wijayanty, Erliya. 2012. Kemampuan Literasi Informasi siswa di SMP Negeri 4 Depok. Skripsi diterbitkan

secara online. Jakarta: Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic