PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KEMAMPUAN BERBAHASA MAHASISWA JURUSAN SASTRA INGGRIS MELALUI LAYANAN GENERAL OVERVIEW OF ENGLISH SELF-ACCESS CENTER

Laras Diah Panulih Putri, Heri Suwignyo, Taufiq Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) kebutuhan informasi kemampuan berbahasa (2) perilaku pemenuhan kebutuhan informasi kemampuan berbahasa (3) hambatan memenuhi kebutuhan informasi kemampuan berbahasa mahasiswa jurusan Sastra Inggris di ESAC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan wawancara terstruktur. Pengecekan keabsahan data dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama, ESAC memenuhi kebutuhan informasi kemampuan berbahasa mendengar dan membaca serta mahasiswa jurusan Sastra Inggris memiliki karakteristik kebutuhan informasi. Kedua, mahasiswa melakukan pemenuhan kebutuhan informasi dengan tahap yang runtut. Ketiga, hambatan yang dihadapi mahasiswa jurusan Sastra Inggris adalah kondisi psikologis, lingkungan dan keterbatasan sumber informasi untuk menulis dan berbicara.

Full Text:

PDF

References


Amsyah, Zulkifli. (2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Damaiyanti, Christiana. (2015). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka Nonkaryawan di

Perpustakaan Bank Indonesia Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 3(1). (Online),

(https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9346), diakses 30 November 2017

Eliane Colepicolo. (2015). Information Reliability for Academic Research: Review and Reccomendations.

New Library World. 116 (12). (Online), (https://www.emeraldinsight.com/doi/full/10.1108/NLW-

-2015-0040), diakses 20 Maret 2018

English First. (2017). The World Largest Rank English Skills. (Online), (https://www.ef.co.id/epi/) pada 27

November 2017.

Harsiati, T., & Priyatni, E. T. (2018). Karakteristik Tes Literasi Membaca Pada Programme For International

Student Asessment (Pisa). Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 111.

Nababan, Sri Utari Subyakto. (1993). Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Puspitadei, Isni. (2016). Pemanfaatan Twitter Tmcpoldametro dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi

Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi

& Perpustakaan. Vol. 4(1). (Online), (jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/download/11625/5456) diakses 23

Maret 2018

Qalbi, Nur. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca

Standing Conference of National and University Libraries. 2011. The SCONUL Seven Pillars of Information

Literacy Core Model For Higher Education. London: SCONUL Working Group on Information

Literacy

Steinke, Chyntia. (2013). Information Seeking and Communicating Behavior of Scientists and Engineers .

London: The Hawroth Press

Sujatna, Meita Lukitawati. (2009). Peran IT Dalam Sall (Self Access Language Learning). (Online).

(http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3583/CONTENT%20MEITA.p

df?sequence=7) diakses 15 September 2017

Wiryanto. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Jakarta

Yusup, Pawit M dan Priyo Subekti. 2010. Teori dan Praktik Penelusuran Informasi: Information Retrieval.

Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BIBLIOTIKA indexed by:

CROSSREF DOAJ EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search Western Theological Seminary University of Oxford Portal Garuda

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3802 (media online) - SK no. 0005.25793802/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License