PERILAKU PENELUSURAN INFORMASI MAHASISWA DALAM PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ONLINE DENGAN PENDEKATAN USES AND GRATIFICATION

Fakhriza Palaivi, Ida Lestari, Taufiq Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku penelusuran informasi melalui media video online oleh mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan kebutuhan informasi mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dengan pendekatan Uses and Gratification melalui media video online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis studi deskriptif. Data penelitian berupa hasil analisis mengenai perilaku penelusuran informasi melalui media video online dankebutuhan informasi dengan pendekatan Uses and Gratification melalui media video online. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan angket dan wawancara terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan sebagai berikut. Pertama, mahasiswa Fakultas Sastra mampu melakukan penelusuran informasi melalui media video online dengan tahap yang runtut yaitu starting, chaining, browsing, monitoring, differentiatingdan extracting. Kedua, mahasiswa mampu memenuhi kebutuhan informasi dengan pendekatan Uses and Gratification mulai dari kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi pribadi, kebutuhan integrasi sosial dan kebutuhan pelarian.

Full Text:

PDF

References


Akbar Ali. (2005). Menguasai Internet Plus Pembuatan Web. Bandung: M2S.

Alia, Sarifah Siti, dkk (2014). Studi: Pengguna Cek Smartphone 1.500 Kali Sehari Pengguna mengaku

merasa hampa tanpa gadget. (online) (http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/545999-studi--

pengguna-ceksmartphone-1-500-kali-sehari). Diakses pada 13 April 2018.

Anindyaputri, Irene. (2017). Jangan Mau Ditipu! Ini Alasan Orang Mudah Percaya Berita Hoax.(online)

(https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/mudah-percaya-berita-hoax/) Diakses pada 15

April 2018.

Batley, Sue. (2007). Information Architecture for Information Professionals. England: Chandos Publishing.

Creators, Youtube. (2017). Pelajaran: Menulis deskripsi cerdas. (online)

(https://creatoracademy.youtube.com/page/lesson/descriptions?hl=id#strategies-zippy-link-2)

Diakses pada 14 April 2018.

Creators, Youtube. (2017). Pelajaran: Penelusuran dan penemuan di YouTube –

YouTube.(online)https://creatoracademy.youtube.com/page/lesson/discovery?hl=id#strategieszippy-link-1). Diakses pada 13 April 2018.

Creators, Youtube. (2017). Pelajaran: Terhubung dengan komunitas

Anda.(online)(https://creatoracademy.youtube.com/page/lesson/inviteconversation?hl=id#strategies-zippy-link-1) Diakses pada 14 April 2018.

Hardjito. (2002). Internet untuk Pembelajaran. Jurnal Teknodik No. 10 tahun 2002

Helianthusonfri, Jefferly. (2016). YouTube Marketing. Jakarta. Elex Media Komputindo

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Malang.

Krentnian, Zulkarnaen. (2012). Internet Cerdas : Dapat Banyak Informasi Dan Menambah Ilmu

Pengetahuan. (online) (http://internetcerdasindonesia.org/artikel-internet-cerdas/internet-cerdas-dapat-banyakinformasi-dan-menambah-ilmu-pengetahuan) Diakses pada 15 April 2018.

Linda. (2017). The Bandwagon Effect :Are we going to think for

ourselves?.(online)(https://www.psychologytoday.com/us/blog/stronger-the-brokenplaces/201708/the-bandwagon-effect) Diakses pada 14 April 2018.

Metrotvnews. (2015). Ternyata Ada Sisi Baik dari Sifat

Egois.(online)(http://news.metrotvnews.com/read/2015/03/14/371233/ternyata-ada-sisi-baik-darisifat-egois) Diakses pada 15 April 2018.

Purwono. (2008) . Strategi penelusuran informasi melalui Internet. dalam Seminar sehari tentang "Strategi

Penelusuran Informasi di Internetyang diselenggarakan oleh Himpunan mahasiswa Jurusan Ilmu

Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam, Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas

Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. (Indonesia), April 30,

(tidak dipublikasikan).

Putra, D. A., Andajani, K., & Istiqomah, Z. (2018). Implementasi Preservasi Digital Koleksi Karya Ilmiah Di

Perpustakaan Maulana Malik Inbrahim Malang. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan

Informasi, 1(2), 28–33.

Sianipar, Aritas Puica. (2010). Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa (Studi Penggunaan Youtube di

Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan dengan Pendekatan Uses and

Gratification)(online) (https://jurnal.usu.ac.id/flow/article/view/9930) Diakses pada 16 November

Support, Google. (2017). Jumlah subscriber. (online)

(https://support.google.com/youtube/answer/6051134?hl=id) Diakses pada 14 April 2018.

Support, Google. (2017). Trending di YouTube. (online)

(https://support.google.com/youtube/answer/7239739?hl=id). Diakses pada 14 April 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BIBLIOTIKA indexed by:

CROSSREF DOAJ EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search Western Theological Seminary University of Oxford Portal Garuda

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3802 (media online) - SK no. 0005.25793802/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License