STRATEGI BAURAN PEMASARAN PERPUSTAKAAN DI ERA DIGITAL

Adi Prasetyawan

Abstract


Bauran pemasaran dibutuhkan lembaga atau organisasi seperti perpustakaan guna meluaskan layanan yang ada di perpustakaan tersebut agar dapat bersaing dengan lembaga lain baik perpustakaan ataupun lembaga informasi yang lain. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat menantang para pustakawan dan staf perpustakaan ataupun pusat-pusat informasi untuk berbenah diri. Bauran pemasaran  jasa yang digunakan dalam layanan web perpustakaan dengan 7P yaitu Product, Price, Place,  Promotion, People, Process, and Customer Service. Melalui situs web terlihat jelas bahwa perpustakaan mampu membranding perpustakaannya melalui tampilan web dengan layanan yang bermacam macam sesuai kebutuhan pemustaka.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, situs web, layanan.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Desi Zidni. Marketing Mix Pada Perpustakaanbank Indonesia Surabaya. Surabaya : Universitas Airlangga. Diakses melalui http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-ln4668adef84full.pdf

Harminingtyas, Rudika.2014. Analisis Layanan Situs website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi Dan Media Informasi Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang. Jurnal VOL 6, NO 3, Edisi Oktober 2014 .Semarang : STIE Semarang. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/132337-ID-none.pdf

Hasugian, Jonner. Jasa rujukan di perpustakaan pada era digitalisasi. Diakses melalui http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/64553/Jasa_rujukan.pdf?sequence=1

Kotler, P.(2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. (13th ed.). United

States Of America: Pearson.

Machfoedz, Mahfud.2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti H. Aksa.2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa.Bogor : Ghalia Indonesia.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan, 2009. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Selang, Christian A.D. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA 71 Vol.1 No.3 Juni 2013. Diakses melalui https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/1374/1085

Supriyanto, Wahyu, Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan Digital. Diakses melalui https://repository.ugm.ac.id/136541/1/PENGEMBANGAN%20SISTEM%20LAYANAN%20PERPUSTAKAAN%20DIGITAL.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i12019p008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic