Use of Rosetta Stone Application as Online Learning Media in Learning German for Tenth-Graders of Language Studies Major at SMA Laboratorium UM

Cessy Nooraeni Rimeldi, Deddy Kurniawan

Abstract


The research aims to depict students' activities using Rosetta Stone as the online learning media in learning German at SMA Laboratorium UM. The study was also looking for students' responses towards the use of the application. The research design used in this research was descriptive qualitative. The participants of the research consist of 22 students of tenth-graders majoring in language studies. The researcher obtained the data from observation and interviews. The researcher did the investigation to learn the activity of using the application in online learning German. The researcher interviewed the students to get responses from the students using the application as their online learning media. The result revealed that the application gave new exciting experiences in learning language, mainly German. The research had shown that the students actively engaged and gave a positive attitude towards the learning and teaching process, with the result that fostering learning independence. Students were able to access the materials in the application, and they understood the materials given comprehensively. Following the learning activity, the goal of the research was well achieved.

Keywords


learning media, Rosetta Stone, online learning

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. 2018. Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20173.

Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Al Fatihah, M. 2016. Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 197-108. Dari http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/200.

Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. Dari https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Dewi, F. K. K. U., & Kurniawan, D. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android" Funologie" Untuk Materi Peta Dan Sistem Fonem Bahasa Jerman Pada Matakuliah Deutsche Phonologie. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 2(2), 238-247. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/6084.

Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117. Dari https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf.

Firman & Rahayu, S. R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. Dari https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659/369.

Harahap, N., Sari, S. M., & Ramadhani, Y. R. 2019. Penerapan Media Rosetta Stone dalam Mengajar Kosakata Bahasa Inggris melalui Metode Dynamic Immersion terhadap Siswa Smp 3 Negeri 3 Padangsidimpuan. Jurnal Bahasa & Sastra, 9. (Online) http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/Linguistik/article/download/1070/76 diakses pada tanggal 24 Oktober 2020.

Hasanah, D. H. & Kurniawan, D. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Quizizz untuk Melatih Kemampuan Gramatika Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman-Fakultas Sastra UM. Dari http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastrajerman/article/view/83386

Ika. 2020. Membedah Tantangan Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Universitas Gadjah Mada. (Online), (https://ugm.ac.id/id/berita/19552-membedah-tantangan-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19), diakses pada tanggal 22 Oktober 2020.

Ilhami, N. R., Kurniawan, D., & Widyatmoko, T (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Tata Bahasa dan Kosakata Bahasa Jerman dengan Tema Kennenlernen (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. Dari https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/viewFile/1820/1450

Kurniawan, D. 2020. Pembelajaran Bahasa Jerman di Kala Pandemi Covid-19: Fleksibilitas dan Aksesibilitas. Jurusan Sastra Jerman-Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dari http://repository.um.ac.id/961/.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. 2020. Menumbuhkan Kemandirian Siswa selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7. Dari http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7927.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34. Dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310.

Mufida, R. Z. & Kurniawan, D. 2018. Pengembangan Role Playing Game “In Meinem Traum” sebagai Media Pembelajaran untuk Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI SMA. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 2(1). Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/issue/view/351.

Nugrahani, F., & Hum, M. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nugraheni, P. D. P. 2016. Penerapan Brett und Kartenspiel sebagai Media Pembelajaran Kosakata dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X Lintas Minat MAN 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Putriningtias, A.D., & Kurniawan, D. 2021. The Development Of Android Based Game „Weiβt Du Das?“For Learning German Vocabulary With Wohnung Themes. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5(1). Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/17120/8095.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. 2013. Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 11. Dari https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/4891.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. 2020. Mewujudkan Kemandirian Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 66. Dari https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan. Kemendikbud (Online) (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan), diakses pada tanggal 22 Oktober 2020.

Umar, U. 2017. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 131-144. Dari https://www.repository.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/download/364/177/

Tanzil, M. N., Usman, R. & Kurniawan, D. 2015. Penggunaan Media Video Deutsche Welle pada Matakuliah Konversation I Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Wati, E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Yudistira, Y. 2015. Efektivitas Penggunaan Media Rosetta Stone dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak (Compréhension Orale) Bahasa Prancis pada Siswa Kelas XII Smk Negeri 1 Bantul. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis-Fakultas Bahasa dan Seni UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um079v5i22021p60-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Flag Counter

eISSN 2548-1681