Pembelajaran Berbasis Komunitas Dalam Komunitas Menggambar di Kota Malang

Agnisa Maulani Wisesa, Dhara Alim Cendekia

Abstract


Penelitian ini berawal dari adanya bukti kecenderungan pembelajaran menggambar yang lebih progresif di dalam ruang lingkup komunitas. Komunitas menggambar yang berada di Malang cukup berkembang dengan pesat namun yang menjadi sampel utama pada penelitian ini adalah satu komunitas yang berdiri pada tahun 2017 dan sudah berkembang dengan lebih dari 20 anggota tetap. Kegiatan yang diobservasi dalam komunitas berupa lokakarya, pertemuan rutin dan juga pameran. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data kualitatif dengan cara wawancara juga studi lapangan atau observasi tindakan langsung selama enam bulan. Hasil wawancara kemudian diolah secara kualitatif kemudian menghasilkan adanya pola pembelajaran yang berbeda dan cenderung lebih personal dalam perkembangan anggota komunitas. Perkembangan ini yang kemudian memberikan ruang eksplorasi yang cukup besar dan berpotensi mengembangkan kemampuan menggambar anggota komunitas. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian awal mengenai pembelajaran berbasis komunitas ini adalah personalisasi tujuan dalam pembelajaran menggambar terbukti cukup efektif bagi anggota komunitas untuk berkembang dan siap bersaing dalam industri kreatif, khususnya dalam bidang menggambar baik manual maupun digital.

 


Full Text:

PDF

References


Cooper, Jewell E., (2007). Strengthening The case for community-based learning in teacher education. Journal of Teacher Education, Vol. 58, No. 3, May/June 2007 245-255.

Grenfell, Michael., Hardy, cheryl. 2007. Art Rules. Oxford, Berg Publishers.

hooks, b. (1994). Teaching To Transgress. London, Routledge.

Illich, Ivan. (2010). Deschooling Society. London: Marion Boyars.

Melaville, Atelia; Berg, Amy C.; and Blank, Martin J., (2006). Community-

Based Learning: Engaging Students for Success and Citizenship.

Partnerships/Community. 40.

Rancière, J. (1991). The Ignorant Schoolmaster. Stanford, Calif.: Stanford

University Press.

Tilaar, H.A.R, Lody, Paat, Jimmy, Paat (2012). Pedagogik Kritis:

Perkembangan, Substansi, dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta:

Rineka Cipta.

Vygotsky, Lev S. (1978) Mind in Society: The development of higher

psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.