ESTETIKA TEKNIK MARBLING DAN DRAWING DALAM KARYA SENI LUKIS SEMI ABSTRAK

Regreat Suasmiati

Abstract


Mix media antara marbling dan drawing sebagai ide penciptaan seni lukis semi abstrak. Hasil lukisan memiliki nilai estetis yang berbeda dengan karya 2 dimensi yang lain dan dapat digolongkan dalam kelompok seni murni. Estetika yang terdapat dalam lukisan ini adalah dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa akan suatu keindahan. Bagi pencipta karya lukis mix media ini dapat bebas menuangkan ide kreatif yang diinginkan, karena memiliki  kebebasan pula dalam menuangkan warna dalam air (teknik marbling) dan mengisi dengan obyek yang diinginkan dengan teknik drawing. Hasil karya lukisnya adalah semi abstrak yang memiliki arti gambaran imej sebenarnya yang diubah dan dipermudah tetapi  masih bisa dikenali ciri-ciri dari obyek yang digambarkan. Dalam kegiatan pameran bersama yang dilakukan peneliti dengan mahasiswa ISI Surakarta, dapat diperoleh masukan bahwa banyak audien yang mengagumi karena teknik marbling dan drawing  ini dianggap lama tapi baru dimunculkan kembali dan hasilnya begitu estetis. Tujuan penelitian mix media ini selain memiliki sifat estetis bagi penikmat seni saja diharapkan juga dapat dipakai sebagai obyek penciptaan kriya seni.

Full Text:

PDF

References


Anwar. Wadjiz (1985). Filsafat Estetika. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Freedman, K. (2003). Teaching Visual Culture: Curriculum, Aesthetic and The Social Life of art. New York and London: Teachers College, Columbia University.

The Liang Gie. 1976. Garis Besar Estetika (Filsafat Keindahan). Yogyakarta: Karya Kencana

Ponimin, Sitoresmi Prabaningtyas (2015). Akuarium Artistik Ramah Lingkungan Sebagai Komoditas Industri Kreatif. Malang: Universitas Negeri Malang. Jurnal: Proseding Seminar Nasional. Peran Strategis Seni dan Budaya Dalam Membangun Kota Kreatif.

Kasiyan, 2015. Seni dan Industri Kreatif: Risalah ketika Estetika di Bawah Kuasa Ekonomi sebagai Panglima. Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal: Proseding Seminar Nasional. Peran Strategis Seni dan Budaya Dalam Membangun Kota Kreatif.

Raditya Michael. 2014. Mengkaji Ulang Estetika Pada Pendidikan Seni. Estetika Nusantara Sebagai Haluan Pendidikan Seni Indonesia Masa Depan. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Seni. Reorientasi Pendidikan Seni di Indonesia. Surabaya: Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNESA 2014.

Rondhi Mohammad . 2014. Pendidikan Estetis dalam Konteks Pendidikan Seni Budaya Rupa di Indonesia: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal: Seminar Nasional Pendidikan Seni. Reorientasi Pendidikan Seni di Indonesia. Surabaya: Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNESA 2014.

Sumarwahyudi. Dinamika Perubahan Estetika Modern ke Pos Modern pada Sejarah Seni Rupa Barat. Jurnal. Malang: Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.

http://ismanadi.blogspot.co.id/2010/06/estetika-dalam-seni-dan-desain.html. Sumber : Harian Analisa, Image : Shanghai Art Fair, diunduh tanggal 5 maret 2017

http://www.perduliar.com/2011/10/ebru-seni-lukis-awan.html, dikutip tanggal 26 oktober 2011, diunduh ulang tanggal 5 maret 2017

http://www.turkishculture.org/traditional-arts/marbling-113.htm, dikutip tanggal 16 mei 2015, diunduh ulang tanggal 5 maret 2017

https://id.wikipedia.org/wiki/Menggambar, diunduh tanggal 5 maret 2017.

http://anakbontot.com/2016/08/pengertian-menggambar-menurut-beberapa-ahli.html, diunduh tanggal 6 maret 2016

http://nowrafae.blogspot.co.id/2011/04/definisi-abstrak-abstrak-dalam-gaya.html, Posted by nowrafae at 10:41 PM

http://walpaperhd99.blogspot.com/2013/11/pengertian-apresiasi-seni-rupa.html, diunduh tanggal 27 pebruari 2017

http://www.smansax1edu.com/2014/09/apresiasi-seni-pengertian-dan-tujuannya.html, diunduh tanggal 5 maret 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks :