DESAIN LABORATORIUM ALAM SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KENYAMANAN DALAM ARSITEKTUR PERILAKU

Hana Rosilawati, Risma Andarini

Abstract


Laboratorium alam ini merupakan sarana prasarana belajar mengajar siswa Sekolah Dasar. Dalam proses belajar mengajar dilakukan metode praktikum, sehingga siswa dapat langsung mengamati tumbuhan dan hewan sebagai obyek pembelajaran. Laboratorium alam sangat diperlukan guru dalam menjelaskan pembelajaran mata pelajaran IPA secara langsung. Perancangan Laboratorium Alam ini berdasarkan Arsitektur Perilaku siswa Sekolah Dasar yang memperhatikan kenyamanannya. Lokasi penelitian berada di Sekolah Dasar Nation Star Academy Surabaya. Sekolah ini belum memiliki laboratorium alam dalam menunjang kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA, sehingga guru mata pelajaran IPA kurang optimal dalam menjelaskan ilmu pengetahuan alam secara nyata kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menyusun secara sistematis data hasil studi literatur, wawancara, observasi obyek sejenis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengasilkan desain laboratorium alam yang nyaman dalam bentuk massa bangunan, penataan massa bangunan, warna, ukuran dan bentuk, perabot dan penataannya, suara, temperature, serta pencahayaam untuk penunjang mata pelajaran Sekolah Dasar Nation Star Academy,Surabaya.Laboratorium alam ini merupakan sarana prasarana belajar mengajar siswa Sekolah Dasar. Dalam proses belajar mengajar dilakukan metode praktikum, sehingga siswa dapat langsung mengamati tumbuhan dan hewan sebagai obyek pembelajaran. Laboratorium alam sangat diperlukan guru dalam menjelaskan pembelajaran mata pelajaran IPA secara langsung. Perancangan Laboratorium Alam ini berdasarkan Arsitektur Perilaku siswa Sekolah Dasar yang memperhatikan kenyamanannya. Lokasi penelitian berada di Sekolah Dasar Nation Star Academy Surabaya. Sekolah ini belum memiliki laboratorium alam dalam menunjang kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA, sehingga guru mata pelajaran IPA kurang optimal dalam menjelaskan ilmu pengetahuan alam secara nyata kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menyusun secara sistematis data hasil studi literatur, wawancara, observasi obyek sejenis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengasilkan desain laboratorium alam yang nyaman dalam bentuk massa bangunan, penataan massa bangunan, warna, ukuran dan bentuk, perabot dan penataannya, suara, temperature, serta pencahayaam untuk penunjang mata pelajaran Sekolah Dasar Nation Star Academy,Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Yoyok, dkk. 2018. Penerapan Konsep Arsitektur Perilaku pada Penataan Kawasan Zona 4 Pekojan Kota Tua Jakarta. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, Volume 2 No 2 September 2018: 83-92.

Buxton, Pamela. 2015. Matrik Handbook Design and Planning Data. Rouledge: New York.

Ching, Francis D.K. 2008. Arsitektur: Bentuk Ruang dan Tatanan .Edisi 3. Erlangga: Jakarta.

Eriko, E. 1963. Childhood and Society 2nd Edition. W.W. Norton: New York.

Fakriah, Nurul. 2019. Pendekatan Arsitektur Perilaku dalam Pengambangan Konsep Model Sekolah Ramah Anak, Gender Equality. International Journal of Child and Gender Studies, Vol. 5, No. 2, hal 1-14.

Fitria, T.A. 2018. Pengaruh Seting Ruang Terhadap Perilaku Pengguna dengan Pendekatan Behavioral Mapping. Jurnal Arsitektur dan Perencanaan, Vol. 1, No.2, Hal 183-206.

Hawari, M.A., dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Elemen Warna pada Ruang Terapi Okupasi di Rumah Sakit Jiwa. Prosiding Seminar Intelektual Muda #1, Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam Perencanaan dan Perancangan Lingkungan Terbangun, hal 162-166.

Neufert, Ernst. 1996. Data Arsitek. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.

Piaget, J. 1996. The Origin of Intelligence in Children, J. Piaget. Internasional Universitas Press, Inc.

Utaminingsih, Retno. (2015). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Laboratorium Alam pada Pembelajaran IPA SD, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2 (1), 215-220.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v5i22020p106-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.