OPTIMISME DALAM KOLABORASI SENI DAN PSIKOLOGI ANAK

Moch. Aan Machfudzi

Abstract


Hadirnya buku ilustrasi anak memiliki andil besar terhadap perkembangan psikologi, apresiasi, dan imajinasi anak-anak karena bersifat efektif dan efisien. Bella Ansori adalah salah seorang ilustrator dari Kota Malang yang menjadikan buku ilustrasi anak sebagai media untuk mengekspresikan keresahan-keresahan yang ia alami berkaitan dengan psikologi anak. Berdasar dari latar belakang tersebut, tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami proses kreatif dalam merancang karya ilustrasi yang dilakukan oleh Bella Ansori, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elster, C. Simons, H. D. 1985. How important are illustrations in children’s readers? New Jersey: Wiley.

Helms, D. B & Turner, J.S. 1983. Exploring Child Behavior. New York: Holt Rinehartand Winston.

Indrijati, H. 2017. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.

Marliani, R. 2016. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Nurhadiat, Dedi. 2004. Pendidikan Seni Rupa. Jakarta: PT Grasindo.

Putra, Antonius, N., Lakoro, Ramatsyam. 2012. Perangancang Buku Ilustrasi Musik Keroncong. Jurnal Teknik POMITS. Vol. 1.1.

Rittie, R. 2000. The Verbal and Visual Components of Package Design. Journal of Product and Brand Management.

Tinarbuko, S. 2015. DEKAVE Desain Komunikasi Visual: Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

INFORMAN

Bella Ansori (24), via telepon, 18 Oktober 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v6i12021p15-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.