ANALISIS IKLAN TELEVISI SAMPOERNA HIJAU VERSI “ES KACANG IJO” DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Toto Haryadi

Abstract


Di era ketatnya persaingan dunia marketing mendorong setiap perusahaan
membuat iklan secara efektif dan kreatif sesuai dengan perundangan yang
berlaku. Khususnya iklan rokok, adanya regulasi yang melarang
ditampilkannya produk serta hal-hal yang menjurus ke kegiatan merokok
mendorong biro agen dan perusahaan menciptakan iklan yang unik, kreatif,
dan terkadang “nyleneh”. Salah satunya yaitu iklan televisi Sampoerna Hijau
versi “Es Kacang Ijo” memiliki konsep yang berbeda dengan biasanya, yakni
mengandung banyak simbol yang melibatkan brand lain yang ditampilkan
melalui elemen audio, teks, maupun visual. Guna menemukan pesan tersirat
didalamnya, perlu dilakukan breakdown iklan dengan mengambil beberapa
screenshot. Studi pustaka terkait tema dan pengamatan beberapa iklan rokok
dari brand lain merupakan langkah awal sebelum menganalisis iklan ini.
Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes
yang bertujuan untuk menemukan makna denotasi, konotasi, serta mitos di
dalam iklan Sampoerna Hijau versi “Es Kacang Ijo”.


Full Text:

PDF

References


Ali, S. (2015). Jurus Sampoerna Menjadi Perusahaan Rokok terbesar di Indonesia. Diakses dari:http://swa.co.id/business-strategy/management/jurus-sampoerna-menjadi-perusahaan-rokok-terbesar-di-indonesia, pada 15 Januari 2016, 11.35 WIB

Budiman, K. (2011). Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra

Djayakusuma, T. (1982). Periklanan. Bandung: Armico

Helmi, A. (2012). Kritik Sosial dalam Iklan Komersial (Analisis Semiotika Pada Iklan Rokok Djarum 76 Versi Gayus Tambunan). Skripsi, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php

https://www.youtube.com/watch?v=7VMB2rkrvjg

https://www.youtube.com/watch?v=8Nd9HWkK2Q0

https://www.youtube.com/watch?v=BL3PjHRPmO4

https://www.youtube.com/watch?v=d66oXqGij3E

https://www.youtube.com/watch?v=EnwvHMZEnvc

https://www.youtube.com/watch?v=Hj-aa_FXPg4

https://www.youtube.com/watch?v=IcVohOpvJL4

https://www.youtube.com/watch?v=LqQrC8NdJaI

https://www.youtube.com/watch?v=uJAVdcKijNk

https://www.youtube.com/watch?v=xY7XGbqR9ZY

Kartajaya, H., dkk. (2005). Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia

Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes. Magelang: Indonesiatera

Legasari, V.E., dkk. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser Terhadap Efektivitas Iklan dan Sikap Konsumen pada Sabun Pemutih Wajah Merek Oil of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Vol 21[3], h 1-15. Pekanbaru: Universitas Riau

Madjadikara, A. S. (2005). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting). Jakarta: gramedia Pustaka Utama

Moorisan, M. A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan

Pujiyanto. (2001). Periklanan. Malang: Universitas Negeri Malang

________. (2013). Dialektika Estetik Desain Periklanan. Malang: Surya Pena Gemilang

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Togyakarta: ANDI OFFSET

Top Brand Award. (2014). Top Brand Index 2014 Fase 1. Diakses dari: http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey result/top_brand_index_2014, pada 15 Januari 2015, 09.57 WIB

Triadi, D. & Bharata, A.S. (2010). Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori dan Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats
Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed Links