ANALISIS IKLAN TELEVISI SAMPOERNA HIJAU VERSI “ES KACANG IJO” DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES
Abstract
Di era ketatnya persaingan dunia marketing mendorong setiap perusahaan
membuat iklan secara efektif dan kreatif sesuai dengan perundangan yang
berlaku. Khususnya iklan rokok, adanya regulasi yang melarang
ditampilkannya produk serta hal-hal yang menjurus ke kegiatan merokok
mendorong biro agen dan perusahaan menciptakan iklan yang unik, kreatif,
dan terkadang “nyleneh”. Salah satunya yaitu iklan televisi Sampoerna Hijau
versi “Es Kacang Ijo” memiliki konsep yang berbeda dengan biasanya, yakni
mengandung banyak simbol yang melibatkan brand lain yang ditampilkan
melalui elemen audio, teks, maupun visual. Guna menemukan pesan tersirat
didalamnya, perlu dilakukan breakdown iklan dengan mengambil beberapa
screenshot. Studi pustaka terkait tema dan pengamatan beberapa iklan rokok
dari brand lain merupakan langkah awal sebelum menganalisis iklan ini.
Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes
yang bertujuan untuk menemukan makna denotasi, konotasi, serta mitos di
dalam iklan Sampoerna Hijau versi “Es Kacang Ijo”.
Full Text:
PDFReferences
Ali, S. (2015). Jurus Sampoerna Menjadi Perusahaan Rokok terbesar di Indonesia. Diakses dari:http://swa.co.id/business-strategy/management/jurus-sampoerna-menjadi-perusahaan-rokok-terbesar-di-indonesia, pada 15 Januari 2016, 11.35 WIB
Budiman, K. (2011). Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra
Djayakusuma, T. (1982). Periklanan. Bandung: Armico
Helmi, A. (2012). Kritik Sosial dalam Iklan Komersial (Analisis Semiotika Pada Iklan Rokok Djarum 76 Versi Gayus Tambunan). Skripsi, Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/index.php
https://www.youtube.com/watch?v=7VMB2rkrvjg
https://www.youtube.com/watch?v=8Nd9HWkK2Q0
https://www.youtube.com/watch?v=BL3PjHRPmO4
https://www.youtube.com/watch?v=d66oXqGij3E
https://www.youtube.com/watch?v=EnwvHMZEnvc
https://www.youtube.com/watch?v=Hj-aa_FXPg4
https://www.youtube.com/watch?v=IcVohOpvJL4
https://www.youtube.com/watch?v=LqQrC8NdJaI
https://www.youtube.com/watch?v=uJAVdcKijNk
https://www.youtube.com/watch?v=xY7XGbqR9ZY
Kartajaya, H., dkk. (2005). Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia
Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes. Magelang: Indonesiatera
Legasari, V.E., dkk. (2013). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser Terhadap Efektivitas Iklan dan Sikap Konsumen pada Sabun Pemutih Wajah Merek Oil of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Vol 21[3], h 1-15. Pekanbaru: Universitas Riau
Madjadikara, A. S. (2005). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting). Jakarta: gramedia Pustaka Utama
Moorisan, M. A. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan
Pujiyanto. (2001). Periklanan. Malang: Universitas Negeri Malang
________. (2013). Dialektika Estetik Desain Periklanan. Malang: Surya Pena Gemilang
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suyanto, M. (2005). Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Togyakarta: ANDI OFFSET
Top Brand Award. (2014). Top Brand Index 2014 Fase 1. Diakses dari: http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey result/top_brand_index_2014, pada 15 Januari 2015, 09.57 WIB
Triadi, D. & Bharata, A.S. (2010). Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori dan Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v1i12016p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.