DESAIN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS WEB PADA MATAKULIAH BAHASA PEMROGRAMAN UNTUK GAME

Mitra Istiar Wardhana

Abstract


Dalam pembuatan aplikasi game, ada tiga elemen penting yang menjadi dasar pembuatan game yaitu init, event dan method atau dapat disingkat menjadi Invento. Ketiganya secara bersinergi membentuk sebuah kerangka program yang dapat digunakan untuk membuat program game mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Selama ini penggunaan metode invento belum secara maksimal diterapkan dalam pembuatan program game di matakuliah Bahasa Pemrograman. Dengan membuat bahan ajar elektronik berbasis metode Invento maka materi invento dapat disampaikan lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan kelebihan media elektronik berbasis jaringan internet.

Hasil dari implementasi metode invento adalah sebuah bahan ajar elektronik yang dapat diakses dalam jaringan internet. Hasil pengujian pada produk bahan ajar mendapatkan hasil sebesar 74,14% sehingga masuk dalam kategori valid.


Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.

Harbour, Jonathan, S. 2007. Beginning Game Programming. Boston : Thomson Course Technology PTR.

Harris, Andy. Beginning Flash Game Programming For Dummies. Indiana:Willey Publishing.

Sudjana, M. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats
Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed Links