M-LEARNING TEORI MUSIK DALAM APLIKASI SMARTPHONE ANDROID

Arin Pradikasetya Rahmawati, Endang Wara Suprihatin Dyah Pratamawati, Rully Aprilia Zandra

Abstract


Perkembangan perangkat komunikasi dapat dimanfaatkan menjadi alat untuk memperoleh informasi baik sederhana maupun kompleks, contohnya android. Android dapat dimanfaatkan sebagai alat belajar praktis yang menampung berbagai materi di dalamnya. Tujuan penggunaaan basis m-learning dalam aplikasi android ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran teori musik dengan perangkat yang mudah ditemui. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dimodifikasi dari Sugiyono dalam 11 langkah yakni menemukan masalah dan potensi, pengumpulan data, rancangan produk, pembuatan produk, validasi I, revisi I, validasi II, revisi II, uji coba I kelompok kecil, uji coba II kelompok besar, dan distribusi atau produksi masal. Nilai akhir yang diperoleh adalah 93,75% dari validator materi dan 78,75% dari validator media. Rata-rata dalam uji coba I kelompok kecil adalah 71,2 dan 77,03 pada uji coba II kelompok besar. Proses distribusi media dilakukan setelah media telah melalui rangkaian uji coba. Distribusi dilakukan dengan mangunggah media pada layanan konten digital Google Play  Store. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa  media yang dihasilkan adalah berupa aplikasi yang memuat materi tentang teori musik dan dapat diperoleh pada layanan konten digital android yakni Google Play Store. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah merinci dan menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan tentang teori musik agar aplikasi dapat memenuhi kebutuhan pengetahuan teori musik.

Full Text:

PDF

References


AECT Task Force on Definition and Terminology, 1977. The DefinitionOf Educational Technology. Washington D.C: Assosiation of Educational Communications and Technology, hlm. 1.

Arsyad, Azhar, 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, hlm. 19

Behera, Santosh Kumar. 2013. M-Learning: A New Learning Paradigm. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 4 (3). (Online), (http://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/03.behera.pdf), diakses 17 Mei 2016, hlm. 25.

Malik, S. & Agarwal, A. 2012. Use of Multimedia as a New Educational Technology Tool–A Study. International Journal of Information and Education Technology, 2 (5): 468. (Online), (http://ijiet.org/papers/181-T10039.pdf), diakses 17 Mei 2016, hlm. 468

Mukminan. 2012. Teknologi Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Pendidikan , Prodi S2 Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Tanjungpura, Pontianak, 9 November, hlm. 6.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixhed Methods). Bandung: Alfabeta, hlm. 473.

Supardi, Yuniar, 2012. Sistem Operasi Andal Android (Ayu Yudha, Ed). Jakarta: PT Elex Media Komputindo; hlm. 3, 5, 8.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed