PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI “ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6” UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN SISWA SMP NEGERI 1 KALIBARU TERHADAP PEMBELAJARAN SENI RUPA
Abstract
Pengembangan multimedia interaktif berbasis animasi ini adalah bentuk media pembelajaran interaktif yang memiliki beberapa unsur seperti teks, audio, video, animasi, dan gambar yang proses pembuatannya dari aplikasi adobe flash professional cs6. Tujuan dari pengembangan media interaktif ini yaitu agar menjadi varian baru dalam menyampaikan pembelajaran secara efektif dan lebih beragam sesuai perkembangan media digital saat ini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) yang sudah dimulai sejak tahun 1990-an yang dikembangkan oleh Dick dan Carry. Dalam analis penelitian subjek yang diambil adalah perwakilan siswa SMPN 1 Kalibaru kelas VII ,VIII dan IX , serta mengambil hasil validasi dari ahli media bidang animasi dari dosen dan mahasiwa teknologi informasi dari STIKOM Banyuwangi dan ahli materi dari guru seni budaya SMPN 1 Kalibaru. Oleh karena itu media pembelajaran animasi tersebut sudah layak dipergunakan sebagai media bahan ajar di SMPN 1 Kalibaru dengan hasil validasi yang telah dilakukan dan masuk syarat ketentuan yang telah disetujui oleh pihak sekolah yang terkait.
Kata kunci: multimedia interaktif, seni budaya , pengembangan model IDDIE, validasi
Full Text:
PDFReferences
Emmanuela, F. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis HOTS pada Topik Segiempat. Skripsi Sarjana. Universitas Sanata Dharma. Dipublikasikan.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Hollingsworth,Pat Dan Gina Lewis.(2008). Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan Di Kelas. 2nd Ed. Jakarta: INDEKS, 2008.
Khamzamwi,Syukron(2015). “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis Untuk Sma Kelas IX” vol.2,no.1, mei 2015 (n.d.).http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/2594 , diakses 15 oktober 2021.
Madcoms.(2014). Kreasi Animasi Kartun Dengan Adobe Flash. 2nd Ed. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Madcoms. (2014) . Membuat Game Dengan Flash. Yogyakarta. Yogyakarta,Indonesia: CV. ANDI OFFSET., N.D.
Munir. (2013) . Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Bandung. Http://File.Upi.EdU/Direktori/Fpmipa/Prodi._Ilmu_Komputer/196603252001121Munir/Buku/Multimedia Diakses Pada (15 Juli 2021)
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).
Pradana, G. Y. K. (2017). Deconstruction Powers of Relations Behind The Shadow Puppet Performance For Tourism in Ubud Village, Bali. Building Collaboration and Network in The Globalized World, 1(1), 115–124.
Prasetyo, A. R., Rahmawati, N., & Saputro, E. B. (2021). Pengembangan Media Motion Infographic Materi Fotografi. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 674–683. Online. Tersedia:https://www.snastep.com/proceeding/index.php/snastep/article/view/78 diakses pada (15 Oktber 2021).
Prawira, Nanda Ganang. (2000). “Pendekata Prawira, Nanda Ganang. (2000). “Pendekatan Dan Metode Pembelajaran Seni Rupa.” 2011 8 (2011): 04–14. http://file.up i.edu/Direktori/FPSD/JUR._PEND._SENI_RUPA/196202071987031NANANG_GANDA_PRAWIRA/modulngp.pdf diakses pada (15 juli 2021).
Radyan Pradana.(2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Uji Makanan Menggunakan Adobe Flash Professional CS5. Skripsi.” Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014. https://eprints. uny.ac.id/8872/ diakses pada ( 23 februari 2021).
Salam,S.(2002). “Paradirgma Dan Masalah Pendidikan Seni.” Universitas Negeri Semarang. 5,No.1, No. Vol.5,No.1(2017) (2017): 44–51.
https://jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/148 diakses pada (15 januari 2021).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Suharto, S. (2007). Pengembangan materi dan kegiatan pembelajarannya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan bidang seni musik. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 8(3).
Sri Rezeki.(2018). “Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers.” 24 Juni 2018 Vol.2,No.2, No. Vol.2,No.2,2014. (N.D.): 856–64. https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/33
Syafi’i.(2006). “Konsep Dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang:Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang.” 2006 1 (N.D.): 1–65. Http://Lib.Unnes.Ac.Id/21552/1/240 1410032-S.Pdf Diakses Pada (10 Januari 2021)
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). “Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru,.” 30 April 2020 1(1), No. Vol.1 No.1(2020):April (2020): 51–65.
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462 diakses pada (20 Februari 2021).
Yuhdi, A., & Amalia, N. (2018). Desain media pembelajaran berbasis daring memanfaatkan PortalSchoology pada pembelajaran apresiasi sastra. Basastra, 7(1), 14–22.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v7i12022p74-83
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.