FITUR DESAIN APLIKASI MOBILE PARENTAL CONTROL DENGAN FRAMEWORK TEEN ONLINE SAFETY STRATEGIES (TOSS
Abstract
Pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial sebagai akibat pandemi Covid-19 mewajibkan peralihan pola belajar-mengajar, dari yang semula tatapmuka luring (offline) menjadi tatapmuka daring (online). Hal tersebut menjadikan aktivitas penggunaan gawai oleh anak, khususnya usia remaja, mengalami lonjakan screen-time signifikan. Dengan alasan keamanan (safety), banyak orangtua menggunakan teknologi aplikasi parental control untuk memonitor penggunaan gawai oleh anak. Sebagai akibatnya muncul dinamika kontras antara kendali penggunaan gawai oleh orangtua dengan otonomi dan privasi anak saat menggunakan gawai. Berdasarkan dinamika kontras tersebut, paper ini mengkaji penggunaan aplikasi parental control yang menerapkan Framework Teen Online Safety Strategies (TOSS) menggunakan tinjauan desain interaksi (IXD) terhadap 2 (dua) aplikasi sebagai studi kasus. Hasil kajian menunjukkan bahwa aplikasi FamiSafe lebih mengedepankan peran orangtua sebagai pengendali (parental control) dibandingkan memberikan keleluasaan peran otonomi pada anak remaja. Disisi lain, aplikasi Boomerang lebih mengedepankan keseimbangan melalui kendali non-intrusif orangtua (via parental control) sekaligus memberikan keleluasaan otonomi pada peran anak melalui self-control. Hasil kajian menjadi masukan terhadap peran sosial desain aplikasi dalam mengarahkan perilaku pengguna.
Kata kunci: gawai, remaja, pola-asuh, aplikasi, waktu-tayang
Full Text:
PDFReferences
Alelyani, Turki, Arup Kumar Ghosh, Larry Moralez, Shion Guha, dan
Pamela Wisniewski. 2019. “Examining Parent Versus Child Reviews of Parental Control Apps on Google Play.” Hlm. 3–21 dalam Social Computing and Social Media. Communication and Social Communities, Lecture Notes in Computer Science, disunting oleh G. Meiselwitz. Cham: Springer International Publishing.
Dunford, Adam. 2017. “The Interaction Design Competency Framework: A tool to understand what industry wants from interaction design education.”
Hajirnis, Aditi. 2015. “Social Media Networking: Parent Guidance Required.” The Brown University Child and Adolescent Behavior Letter 31(12):1–7. doi: 10.1002/cbl.30086.
Hasbi, Muhammad, Giri Lukmanto, Toni Kurniawan, Maryana, dan Muhammad Ngasmawi. 2020. Mengenalkan Gawai Pada Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hermawan, Rudi. 2019. “Penerapan Aplikasi Parental Control Screen Time Dalam Penggunaan Smartphone Bagi Anak-Anak.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 4(1). doi: 10.30998/sap.v4i1.4269.
Kusumastuti, Frida, Santi Indra Astuti, Yanti Dwi Astuti, Mario
Antonius Birowo, Lisa Esti Puji Hartanti, Ni Made Ras Amanda, dan Novi Kurnia. 2021. “Modul Etis Bermedia Digital.” Literasi Digital. Diambil 5 Desember 2021 (https://literasidigital.id/books/modul-etis-bermedia-digital/).
Pandya, Apurvakumar, dan Pragya Lodha. 2021. “Social Connectedness, Excessive Screen Time During COVID-19 and Mental Health: A Review of Current Evidence.” Frontiers in Human Dynamics 3.
Pratiwi, Hardiyanti. 2020. “Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Gererasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5:265. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.544.
Rideout, V., U. Foehr, dan D. Roberts. 2010. “Generation M2: Media in the Lives of 8- to 18-Year-Olds.”
Sampasa-Kanyinga, Hugues, Gary S. Goldfield, Mila Kingsbury, Zahra Clayborne, dan Ian Colman. 2020. “Social Media Use and Parent–Child Relationship: A Cross-Sectional Study of Adolescents.” Journal of Community Psychology 48(3):793–803. doi: 10.1002/jcop.22293.
Silver, Kevin. 2007. “What Puts the Design in Interaction Design :: UXmatters.” What puts design in interaction design? Diambil 10 Maret 2022 (https://www.uxmatters.com/mt/archives/2007/07/what-puts-the-design-in-interaction-design.php).
Wenerda, Indah, dan Intan Sapanti. 2019. Literasi Digital bagi Millenial Moms. Penerbit Samudra Biru.
Wisniewski, Pamela, Arup Kumar Ghosh, Heng Xu, Mary Beth Rosson, dan John M. Carroll. 2017. “Parental Control vs. Teen Self-Regulation: Is there a middle ground for mobile online safety?” Hlm. 51–69 dalam Proceedings of the 2017 ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work and Social Computing, CSCW ’17. New York, NY, USA: Association for Computing Machinery.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v7i22022p195-204
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.