REPRESENTASI GAYA HIDUP PEREMPUAN INDONESIA IDEAL DALAM MEDIA SOSIAL : TAMPILAN FOTO INSTAGRAM SELEBRITA CHELSEA OLIVIA

Berti Alia Bahaduri

Abstract


Media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari generasi muda Indonesia. Media sosial terpopuler pada kurun waktu belakangan ini adalah instagram. Media sosial ini mengutamakan tampilan foto/ image sebagai bagian utama. Studi ini mempelajari citra ideal selebrita perempuan Indonesia yang ditampilkan dalam media sosial instagram. Akun selebrita yang dibahas dalam studi ini adalah Chelsea Olivia, berdasarkan survei awal untuk mendapatkan preferensi. Kemudian diskusi kelompok (focus group discussion) dilaksanakan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pendapat responden mengenai foto-foto yang ditampilkan dalam akun.
Data kemudian dianalisa menggunakan skema triadik kecedasan semiotik. Bagian-bagian dari kecerdasan semiotik adalah liyan, rerata kultural, dan kecerdasan semiotik. Liyan dalam hal ini adalah Chelsea Olivia sebagai selebrita yang dilihat oleh masyarakat. Rerata kultural adalah syarat-syarat yang dianggal normal dalam masyarakat dalam suatu lingkungan. Dalam hal ini tampilan gaya hidup yang terpapar dalam foto-foto instagram. Kecerdasan semiotik dalam kasus ini adalah tanda-tanda yang dibaca oleh responden dalam foto-foto instagram akun Chelsea Olivia.
Hasil yang didapatkan adalah bagi responden, Chelsea Olivia telah menunjukkan gaya hidup ideal bagi perempuan Indonesia. Gaya hidup yang ditampilkan dalam foto-foto, memungkinkan untuk diwujudkan oleh responden. Menurut responden, Chelsea Olivia menampilkan kecantikan Indonesia lewat foto-foto diri dan sebagai istri dan ibu. Responden (dan follower) akun tersebut lebih menyukai saat Chelsea Olivia menampilkan diri sebagai bagian dari keluarga.

Full Text:

PDF

References


Frommer, D. (2010, November 1) Here’s How to use the instagram, Bussiness Insider.

Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). teknopreneur.com

Peters, Tom (1997) The Brand Called You, http://www.fastcompany.com/magazine/10/brndyou.html, 18 December 2007, diakses 20 Maret 2018.

Piliang, Yasraf Amir & Audifax. 2017. Kecerdasan Semiotika : Melampaui Dialektika dan Fenomena. Aurora, Yogyakarta.

Sheldon, Pavica & Bryant, Katherine. (2015) Instagram: Motives for its use and relationship to narcissism and contextual age. Elsevier. Computers in Human Behaviour 58 (2016) 89-97.

Tiindenberg, Katrin (2015) Odes to Heteronormativity: Presentation of Feminity in Russian Speaking instagram Accounts. International Journal of Communication (9). features 1746- 1748.

https://socialblade.com/instagram/user/chelseaoliviaa diakses 23 Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed