Perancangan Infografis Tutorial COMIC PREPARATION untuk komikus pemula

Akhmad Fadly

Abstract


  1. A.       Abstrak

Perkembangan komik di Indonesia semakin menempati wilayah produktifnya, ditandai dengan mulai bermunculan platform komik digital sebagai wadah yang menghimpun karya komik, platform komik digital juga menyanggupi untuk memberi apresiasi berupa materi yang menjanjikan kepada komikus yang karyanya berhasil terbit di platform mereka. Dampak kemudahan serta apresiasi yang baik dari platform komik ini membuat semakin ramai pula komikus-komikus pemula bermunculan, namun tidak sedikit yang belum memenuhi standar yang baik dalam menghasilkan karya komik digital, mereka masih membutuhkan informasi dan edukasi mengenai langkah awal yang dilakukan, untuk menjadi komikus yang karyanya memenuhi standar industri platform komik digital.

Metode perancangan menggunakan metode Triadik berfikir desain komunikasi visual oleh Sumbo Tinarbuko untuk memetakan proses perancangan secara kokoh, jelas dan mengcover semua elemen yang dibutuhkan dalam perancangan. Metode perancangan ini mengacu pada metode desain modern yang meliputi empat tahapan, yaitu identifikasi, analasis, sintesis, dan evaluasi.

Konten tutorial merupakan materi pembentukan 4 aspek pra produksi berkarya komik, diantaranya adalah Outline, Character Design, Universe, dan Gimmick. Pesan visual disampaikan melalui desain ilustrasi karakter dari komik SAMPANA, dengan penerapan tema warna yang berbeda pada ilustrasi sebagai variasi untuk masing-masing materi. Media perancangan yang digunakan adalah Infografis dan Poster.

Kata kunci: Tutorial, komik digital,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed Links