KAJIAN VISUAL DESAIN KARAKTER PADA MASKOT KOTA MALANG

Dimas Rifqi Novica, Ima Kusumawati Hidayat

Abstract


Daya pikat dibutuhkan untuk mengalihkan perhatian audiens kepada desain, walaupun hanya sesaat. Daya pikat ini terdapat dalam semua bidang desain, terutama desain karakter. Salah satu contoh desain karakter adalah maskot. Malang merupakan kota pertama yang memiliki maskot yang dibuat dengan prosedur yang ideal, hasil dari kerjasama ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia) Chapter Malang dengan Barenlitbang Kota Malang. Osi dan Ji adalah Maskot Kota Malang dengan bentuk anthropomorphism dari hewan singa dan burung manyar sebagai lambang kota Malang. Penelitian ini mengkaji desain karakter maskot tersebut menggunakan prinsip karakter desain, yaitu: silhoutte, shape, proportion dan pose. Data yang didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi desain karakter maskot Kota Malang dikaji dengan metode kualitatif dengan pendekatan analisis visual. Keempat prinsip desain saling menguatkan keseluruhan makna bahasa visual yang terdapat pada desain karakter maskot tersebut sehingga daya pikatnya tinggi terhadap khalayak sasaran dengan rentang usia yang luas.

Full Text:

PDF

References


Alt, M., & Yoda, H. (2007). Hello, Please! Very Helpful Super Kawaii Characters from Japan. San Francisco: Chronicle Books LLC.

Blair, P. (1949). Advanced Animation: Learn How to Draw Animated Cartoons. Walter T. Foster.

Geerdts, M. S., Van de Walle, G. A., & LoBue, V. (2016). Learning About Real Animals From Anthropomorphic Media. Imagination, Cognition and Personality, 36(1), 5–26. https://doi.org/10.1177/0276236615611798

Gn, J. (2016). A lovable metaphor: On the affect, language and design of ‘cute.’ East Asian Journal of Popular Culture, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.1386/eapc.2.1.49_1

Hotogi, M., & Hagiwara, M. (2015). Analyses of Local Mascot Characters and Proposal of Automatic Character Creation System Using Affective Words. International Journal of Affective Engineering, 14(4), 299–307. https://doi.org/10.5057/ijae.IJAE-D-14-32

Jakfar, P. (2017). The Mascot. Barenlitbang Kota Malang.

Lewis, M. (Ed. . (2018). Creating Stylized Character Design. Worcester: 3Dtotal Publishing.

Marcus, A., & Hashizume, Masaaki, Ma, Xiaojuan, H. A. (2017). Springer Series on Cultural Computing Cuteness Engineering.

Pontillas, B. (2011). Design Presentation.

Soewardikoen, D. W. (2013). Metodologi Penelitian Visual. (M. Saputra, Ed.) (First). Bandung: CV Dinamika Komunika.

Sullivan, K., Schumer, G., & Alexander, K. (2008). Ideas for the Animated Short: Finding and Building Stories. Elsevier Inc.

Thomas, F., & Johnston, O. (1981). The Illusion of Life. New York: Walt Disney Production.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed Links