IDENTIFIKASI ILUSTRASI-TIPOGRAFI GRAPHIC VERNACULAR SEBAGAI SISTEM TANDA & IDENTITAS WARUNG TENDA DI KOTA MALANG

Yon Ade Lose Hermanto

Abstract


Kota Malang merupakan kota yang tengah berkembang dengan potensi dibidang pendidikan dan industri kreatif yang cukup besar, telah menjadi tujuan bagi masyarakat urban yang bermukim di kota-kota lain untuk sekadar belajar atau mencari mata pencaharian. Banyak sekali pendatang yang bermukim sementara atau menetap, karena memang Kota Malang disamping menjadi destinasi pendidikan, juga menjai destinasi wisata. Keberadaan masyarakat urban di Kota Malang membuat geliat ekonomi di kota ini juga terangkat. Termasuk usaha kuliner pinggir jalan. Warung-warung tenda dipinggir jalan tumbuh menjamur dengan beragam pilihan kuliner. Warung-warung tenda ini memiliki berbagai macam identitas ang dibuat dengan teknik mannual untuk dikenal dan diingat oleh masyarakat sebagai konsumennya. Karya-karya ini disebut dengan karya graphic vernacular, yang terdiri dari tipografi dan ilustrasi. Penelitian ini untuk mengkaji faktor-faktor yang bersangkutan dengan graphic vernacular yang dapat dijadikan sebagai alat identitas dan sistem tanda. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa graphic vernakular yang terdapat pada spanduk warung tenda dapat menjadi identitas sekaligus sistem tanda yang mudah untuk diidentifikasi masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Abdiansyah, Nur. 2013. Tipografi Vernakular Sandeq Mandar dan Proses Penciptaannya. Jurnal Media, Seni, Desain, dan Pengajarannya, Tahun ke-4 Edisi ke 2, November 2013. Malang: Universitas Negeri Malang

Ambrose, Gavin. & Harris, Paul. 2009. The Fundamentals of Graphic Design. Lausanne, Switzerland: AVA Publishing SA.

Concept Majalah Desain Grafis. 2011. Jakarta: Concept Media

Cronin, Matt. 2011. 10 Principles For Readable. In: Typography: Getting the Hang of Web Typography. Freiburg: Smashing Media GmbH

Darmaprawira, Sulasmi. 2002. Warna Teori dan Kreativitas Penggunanya. Bandung: PENERBIT ITB.

Kartoredjo R, H.S. 2014. Kamus Baru Kontemporer. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Kumar, Vijay. 2013. 101 Metode Desain. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Kusmiati R, Artini, dkk. 1999. Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Murtono, Taufik. 2014. Penguatan Citra Merek Batik dengan Tipografi Vernacular. ACINTYA: Jurnal Penelitian Seni dan Budaya, Vol. 6 Nomor 2, Desember 2014. Solo: ISI Surakarta

Pujiyanto. 2013. Estetika Ideologi Media Above The Line Produk Suplemen Merek “Madurasa” PT. Air Mancur. Jurnal Bahasa dan Seni, Volume 41, nomor 2, Tahun 2013. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rustan, Surianto. 2014. Layout Dasar dan Penerapanya. Jakarta: PT. Gramedia.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. 2006, Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan.Yogyakarta: Dimensi Press.

Sarwono, J. & Lubis, H. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sihombing, Danton. 2015. Tipografi Dalam Desain Grafis (Edisi diperbaharui). Jakarta: PT. Gramedia

Tim Penyusun Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Malang, Penerbit Universitas Negeri Malang.

Tinarbuko, Sumbo. 2015. DEKAVE: Desain Komunikasi Visual, Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed Links