EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CHORD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MENCIPTA LAGU ANAK USIA DINI (Class Action Research pada Guru PAUD di Kabupaten Kediri)

Itot Bian Raharjo, Warih Handayaningrum, Autar Abdillah

Abstract


Abstact: This research is motivated by the need for songs as PAUD learning media in Kediri Regency. In general, teachers only use old songs, composing song lyrics. This study uses the Class Action Research approach which was conducted from March to October 2019. The results of the data analysis included 12 respondents (80%) in the first cycle, 5 respondents (33.3%) in the second cycle, and 2 respondents (13.3%) in cycle III that has not yet reached. It can also be seen that in the third cycle, the number of respondents reached 13 people with a percentage of 86.6%. It can be concluded that the use of chords in learning to create early childhood songs was successful, the action hypothesis in this study was declared acceptable.

Key Words : Chord, compose a song, Childhood

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan lagu sebagai media pembelajaran PAUD di Kabupaten Kediri. Pada umumnya guru hanya menggunakan lagu lama, penggubahan lirik lagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan Class Action Research yang dilaksanakan mulai Maret - Oktober 2019. Hasil analisis data terdapat 12 responden (80%) di siklus I, 5 responden (33,3%) di siklus II, dan 2 responden (13,3%) di siklus III yang belum mencapai. Dapat diketahui pula pada siklus ke III, responden yang sudah tercapai berjumlah 13 orang dengan prosentase 86,6%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan chord dalam belajar mencipta lagu anak usia dini berhasil, hipotesis tindakan dalam penelitian ini dinyatakan diterima.

 Kata Kunci: Chord, Mencipta Lagu, Anak


Full Text:

PDF

References


Arostiyani, Devi. (2013). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak sebagai Media Pendidikan Karakter di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Desa Linggapura Kecamatan Tonjong Brebes. Jurnal Seni Musik Universitas Negeri Semarang.

Dermawanto, Agus. (2012). Penggunaan Media Alat Musik Ritmis dan Melodis Materi Mengenal Alat Musik Ritmis dan Melodis untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 01 Wiyorowetan Ulujami Pemalang. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang: UNNES

Hilal, Rangga S. 2007. Alat-Alat Musik. Jakarta Barat: PT. Mapan.

Kamtini, dan Tanjung, Husni Wardi. (2005). Bermain melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kusumaning Ratri, Asri. (2016). Penerapan Metode Penciptaan Lagu Anak Berbasis Tema untuk Guru TK Negeri Pembina Srengat Blitar.

Pekerti, Widia. (2008). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukohardi, Al. (2009). Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Indra Yeni dan Irdhan Epria Dharma Putra. (2017). Pelatihan Mencipta Lagu Anak pada Guru PAUD di Kecamatan ABTB Kota Bukittinggi dan Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 3b Desember 2017. Universitas Negeri Padang

Refi Yunanda Wicaksono dan Udi Utomo. (2017). Daya Tarik Lagu bagi Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Pertiwi I Singodutan Wonogiri. Jurnal Seni Musik Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v5i12020p46-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.