Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Pelajaran Matematika

Iwan Hariono, Iskandar Wiryokusumo, Achmad Noor Fathirul

Abstract


Abstrak: Buku pedoman berupa instrumen penilaian kognitif berbasis google form pelajaran matematika kelas v dihasilkan dari Penelitian pengembangan ini. Selama ini dalam kegiatan penilaian matematika, kebanyakan pendidik masih menggunakan cara lama dengan sistem penilaian berbasis kertas (paper based). sedangkan tuntutan orang tua dan peserta didik menginginkan suatu penilaian yang praktis, cepat, dan efisien tetapi tetap memperhatikan prosedur penilaian yang benar yaitu penilaian berbasis online dengan memanfaatkan google form. Model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi) yang digunakan dalam penelitian tersebut. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data hasil validasi ahli media, ahli materi, dan uji coba kelompok kecil. Validasi ahli materi sebesar 85%, validasi ahli media sebesar 93%, Angket respon kelompok kecil terhadap latihan soal matematika berbasis google form sebesar 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini dapat dijadikan sebagai referensi karena interpretasinya mencapai kriteria  sangat layak sehingga produk ini bisa diimplementasikan.

Abstract: The guide in the form of a cognitive assessment instrument based on Google form a Class V mathematics lesson resulted from this development research. During the mathematical assessment activities, most educators are still using the old way with paper-based assessment systems. While the demands of parents and learners want a practical, fast, and efficient assessment but still pay attention to the correct assessment procedures that are online-based assessments by utilizing Google forms. Model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) used in the study. The types of data used in this study are the results of media expert validation, material experts, and small group trials. Validation of material members amounted to 85%, media expert validation of 93%, small group response to the practice of a Google form-based math problem of 81%. Thus it can be concluded that this development product can be used as a reference because the interpretation reaches the criteria is very feasible so that this product can be implemented

Keywords


Cognitive assessment instruments; Google Form; Mathematics

Full Text:

PDF

References


Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. PKN Progresif, 7(1), 482–491.

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik instrumen penilaian hasil belajar matematika ranah kognitif yang dikembangkan mengacu pada model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130–139.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi Pgmi Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

Chandra, E. & Amirrudin. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Peluang (Studi Eksperimen Di Kelas XI SMK). EduMa: Mathematics Eduction Learning and Teaching, 2(1).

Effendi, R. (2017). Konsep revisi taksonomi Bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP. JIPMat, 2(1).

Febrianto, F. (2017). Pengembangan Sistem Ujian Online Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Sekolah Menengah Kejuruan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1).

Gumanti, A., Yudiar, ., & Syahruddin, . (2016). Metode penelitian pendidikan. In Jakarta: Mitra wacana merdeka.

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47–52.

Latief, M. A. (2009). Penelitian Pengembangan. Stuttgart: Universitas Stuttgart.

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. URECOL, 183–188.

Mustari, M. (2016). Pengembangan instrumen ranah kognitif pada pokok bahasan fluida statis SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 121–130.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The development of online project based collaborative learning using ADDIE model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812.

Nugraha, A. N. C., & Muhtadi, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 16–31.

Nugroho, A. S. (2018). Pengembangan Ulangan Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal SITECH: Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(2), 89–94.

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 14(1).

Rahayu, D., & Azizah, U. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Komputer Dengan Kombinasi Permainan “Who Wants To Be A Chemist” Pada Materi Pokok Struktur Atom Untuk Kelas X SMA RSBI. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa.

Sanova, A., Bakar, A., & Afrida, A. (2017). Standarisasi instrumen penilaian hasil belajar dengan program anates v4 bagi guru SMPN 17 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–10.

Satria, D., & Wati, L. (2016). Perancangan Ujian Online Menggunakan Model Computer Based Assesment Berbasis Client-Server (Studi Kasus: SMA PGRI Kota Payakumbuh). INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 1(1), 57–67.

Setemen, K. (2010). Pengembangan evaluasi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In Ke-26.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).

Suranto, Musrovi, M., & Widodo, A. (2004). Analisis Kepuasam Konsumen dengan Skala Guttman. Ilmiah Teknik Industri.

Suryanovika, C. (2019). Google Forms: An Assessment Tool Accommodating the Generation-Z Studentsâ€TM Learning Needs. E-Structural, 2(2), 140–152.

Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Proses Berbasis KKNI. Proceeding Semnasvoktek, 2, 249–254.

Thaariq, Z. Z. A. (2020). Menyusun Instrumen Angket Berbasis Cloud Computing System untuk Kemudahan Penelitian. Retrieved September 25, 2020, from http://penulis.ukm.um.ac.id/menyusun-instrumen-angket-berbasis-cloud-computing-system-untuk-kemudahan-penelitian/

Tim Penyusun. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Zamzania, W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis-Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iwan Hariono, Iskandar Wiryokusumo, Achmad Noor Fathirul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats