Pengaruh E-Learning, Pembelajaran Langsung, dan Faktor Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Prakarya Kewirausahaan

Fadlul Amin Nudin, Rufi'i Rufi'i, Djoko Adi Walujo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar prakarya kewirausahaan kelompok pembelajaran berbasis E-Learning dan langsung, melihat perbedaan hasil belajar antara gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent, dan melihat interaksi pembelajaran berbasis E-Learning, langsung, dan gaya kognitif terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu faktorial dua kali dua. Kelompok kontrol menggunakan pembelajaran langsung, sedangkan kelompok eksperimen menggunakan E-Learning. Analisis menggunakan Anova dua arah akan membandingkan pengaruh pembelajaran berbasis E-Learning dan langsung serta gaya kognitif terhadap hasil belajar. Hasil penelitian: Ha.1 nilai probabilitas (p) 0,013 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran berbasis E-Learning dan langsung, Ha.2 nilai probabilitas (p) 0,004 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent, Ha.3 nilai probabilitas (p) 0,07 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh antara pembelajaran berbasis E-Learning, langsung, dan gaya kognitif terhadap hasil belajar.

Abstract: This study aims to see differences in learning outcomes of E-Learning-based and direct learning group entrepreneurship learning outcomes, to see differences in learning outcomes between Field Dependent and Field Independent cognitive styles, and to see E-Learning-based learning interactions, direct, and cognitive styles on learning outcomes. This study used a two-time two factorial quasi-experimental method. The control group uses direct learning, while the experimental group uses E-Learning. Analysis using two-way ANOVA will compare the effect of direct and E-Learning-based learning and cognitive styles on learning outcomes. Results: Ha.1 probability value (p) 0.013 < 0.05 means that there are differences in learning outcomes based on E-Learning and direct learning, Ha.2 probability value (p) 0.004 < 0.05 means that there are differences in learning outcomes between Field Dependent and Field Independent cognitive style, Ha.3 probability value (p) 0.07 > 0.05 means that there is no influence between E-Learning-based, direct and cognitive style learning on learning outcomes.


Keywords


E-Learning; Gaya Kognitif; Hasil Belajar;Cognitive Style; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 13–29.

Anori, S. (2013). Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education, 1(1), 104–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/498171074

Cahyono, Y. D. (2015). E-learning (EDMODO) sebagai media pembelajaran sejarah. Jurnal Penelitian, 18(2), 102–115.

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 172–181.

Fajriah, N., & Suseno, A. A. (2016). Kemampuan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.584

Fatmawati, S. (2019). Efektivitas forum diskusi pada e-learning berbasis Moodle untuk meningkatkan partisipasi belajar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 210–216.

Fauzi, M. (2019). Pengaruh strategi pembelajaran swa-atur dengan discovery learning dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Kimia. In Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (Vol. 4, Issue 1, pp. 56–66). State University of Malang (UM). https://doi.org/10.17977/um039v4i12019p056

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 34–44.

Hadjerrouit, S. (2010). Developing web-based learning resources in school education: A user-centered approach. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects, 6(1), 115–135.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran elektronik (e-learning) terhadap mutu belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54.

Li, K. M. (2015). Learning styles and perceptions of student teachers of computer-supported collaborative learning strategy using wikis. Australasian Journal of Educational Technology, 31(1), 32–50. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.521

López-Vargas, O., Ibáñez-Ibáñez, J., & Racines-Prada, O. (2017). Students’ metacognition and cognitive style and their effect on cognitive load and learning achievement. Journal of Educational Technology & Society, 20(3), 145–157.

Lu, H., & Lin, P. (2018). A study on the effect of cognitive style in the field of STEM on collaborative learning outcome. International Journal of Information and Education Technology, 8(3), 194–198. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.3.1032

Mashudi, M. (2016). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Versus Pembelajaran Langsung. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 10(2), 190–200.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika materi turunan ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83.

Pinontoan, K. F., & Walean, M. (2020). Pengaruh Flipped Classroom Menggunakan Google Classroom Berbahan Ajar Video Tutorial Pada Mata Kuliah Kalkulus. Edcomtech, 5(2), 51–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p051

Putri, N. E., Zulyadaini, Z., & Relawati, R. (2019). Studi perbandingan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 6 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 91–97. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/phi.v3i2.72

Ratnasari, A. (2012). Studi Pengaruh Penerapan E-learning Terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Rufi’i, R. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Perolehan Belajar Konsep dan Prosedur Statistika.(Disertasi). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Rusman, R. (2012). Model-model pembelajaran. Rajawali Pers.

Sasongko, D. F., & Siswono, T. Y. E. (2013). Kreativitas Siswa dalam Pengajuan Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field-Independent (FI) dan Field-Dependent (FD). Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–8.

Sindu, I. G. P., Santyasa, I. W., & Warpala, I. W. S. (2013). Pengaruh model e-learning berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kkpi siswa kelas x Di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jtpi.v3i1.617

Suhendri, H. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., Thaariq, Z. Z. A., Setiawan, A. B., & Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–14.

Surjono, H. D. (2011). The design of adaptive e-Learning system based on student ’ s learning styles. International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT), 2(5), 2350–2353.

Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 4(1), 1393–1406. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4601

Sutanta, E. (2009). Konsep dan implementasi e-learning (studi kasus pengembangan e-learning di sma n 1 sentolo yogyakarta). Jurnal Dasi, 10(2), 1–15.

Ulfa, S., Fattawi, I., Surahman, E., & Yusuke, H. (2019). Investigating Learners’ Perception of Learning Analytics Dashboard to Improve Learning Interaction in Online Learning System. 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET), 49–54. https://doi.org/10.1109/ICET48172.2019.8987229

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan program pembelajaran fisika sma berbasis e-learning dengan schoology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1850

Yousefi, M. (2011). Cognitive style and EFL learners’ listening comprehension ability. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(1), 73–83.

Zyainuri, Z., & Marpanaji, E. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 410–426. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1046




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadlul Amin Nudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats