Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Materi Perencanaan Perkerasan Jalan pada Perusahaan Jasa Konstruksi

Daniel Jesayanto Jaya, Nuryadin Eko Raharjo

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Perkerasan Jalan yang layak digunakan menjadi panduan belajar di perusahaan jasa konstruksi selaku peserta diklat. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan)  dan Disseminat (Penyebaran). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas kelayakan modul dilakukan pada instrumen yang dituangkan dalam angket dengan teknik analisis data secara deskriptif. Dari hasil validasi. ahli materi menyatakan modul Perencanaan Perkerasan Jalan sudah memenuhi kriteria sangat layak karena sudah mencakup kompetensi yang dibutuhkan peserta diklat dengan jabatan pelaksana atau pengawas pekerjaan jalan, sementara validasi ahli media menyatakan modul sudah memenuhi kaidah media yang menarik, mudah diakses, dipahami sehingga sangat layak digunakan oleh peserta diklat Perencanaan Perkerasan Jalan.

Abstract: The purpose of this research is to develop a Road Pavement Planning Education and Training Module that is suitable to be used as a learning guide in construction service companies as training participants.. The method used is research and development (Research and Development) with the stages of Define (Definition), Design (Designing), Develop (Development) and Disseminate (Spread). The data collection technique uses observation, documentation and questionnaires. The module feasibility validity test was carried out on the instruments outlined in the questionnaire with descriptive data analysis techniques. From the validation results. The material expert stated that the Road Pavement Planning module met the very feasible criteria because it included the competencies needed by training participants with the position of implementing or supervising road works, while the validation of the media expert stated that the module had met the rules of media that was attractive, easy to access, understood so it was very suitable for use by Road Pavement Planning training participants


Keywords


Pengembangan Modul; Pendidikan dan Pelatihan; Perencanaan Perkerasan Jalan

Full Text:

PDF

References


Akbar, A.B. (2017). Pengembangan Modul Mata Pelajaran Gambar Teknik untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK 1 Sedayu. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Alder. (1999). Coastal Planning and Management. New York: E & FN SPON

Bermawi, Y., Latif, A., & Absor, M. (2020). Pelatihan Pelaksanaan Pekerjaan Perkerasan Jalan Bagi Masyarakat Konstruksi. SNAPTEKMAS, 1(1).

Daryanto. (2013) Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Yogyakarta: Gava Media.

Daryono, R., & Rochmadi, S. (2020). Development of learning module to improve competency achievement in the department of civil engineering education in Indonesia. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1). Doi:http://dx.doi.org/10.33292/petier.v3il.54

Departemen Pekerjaan Umum. (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Nomor 02/M/BM/2013). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Direktoral Jendral Bina Marga.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Enke, J., Kraft, K., & Metternich, J. (2015). Competency-oriented design of learning modules. Procedia CIRP, 32(2015), 7-12.

Firdaus, H., Jalinus, N., & Effendi, H. (2019). Development of learning Modules Manual Shield Metal Arc Welding (SMAW) with service learning approach. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 2(2), 247-251.

Kementerian Ketenagakerjaan. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2014). Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Pasal 7 Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Berbasis Kompetensi.

Kementerian Ketenagakerjaan. (2016). Peraturan Meneteri Ketenagakerjaan RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Haryanto, I. & Utomo, H.B. (2012). Bahan Ajar Perkerasan Jalan: Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset dan Education for Sustainable Development untuk Mata Kuliah Perkerasan Jalan Raya dengan Memanfaatkan Hasil Riset Terapan Ecomaterial. Yogyakarta: Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada.

Marleni, E. & Widarwati, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Pewarnaan Teknik Kering Mata Pelajaran Desain Busana di SMK N 6 Yogyakarta. E-Journal Pendidikan Teknik Busana-S1, 6(5). Diakses pada 31 April 2018.

Miftahudin, N., & Suprianto, B. (2015). Pengembangan Modul Trainer Parkir Mobil Sistem Informatif sebagai Media Pembelajaran pada Mata Diklat PLC Kelas XI Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 3 Boyolangu-Tulungagung. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Munadi, S., & Sunarto, S. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Konstruktivistik Kontekstual Berbantuan Komputer Dalam Mata Diklat Pemesinan. Artikel Ilmiah Tugas Akhir. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhlisin, A. (2012). Pengembangan Media Modul pada Mata Pelajaran Menggunakan Mesin untuk Operasi Dasar Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Mustajib, M. C. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Aplikasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknik Pelaksanaan Dan Pengawasan Pekerjaan Jalan (Tp3jl) Kd1-Kd4 Kelas Xi Di Smk Negeri 7 Semarang. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Nawawi, A. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui OJT. Jurnal Manajemen Pusdiklat Migas, Vol. 06 No. 2. Diakses pada 15 Juli 2020.

Nurcahayani, W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Sejarah Indonesia pada Materi Tantangan Awal Indonesia Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurman, L. (2019). Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku dengan Metode Bina Marga Mdp Pd T-14-2013 Studi Kasus Jalan Sungai Jering–Kari. Teluk Kuantan. Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer, 2(1), 286-295.

Patkur, M., & Wibowo, T. W. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X TPM di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(03), 86-96.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Depdiknas.

Risnawati, R., Andrian, D., Azmi, M. P., & Nurdin, E. (2019). Development of a definition map-based plane geometry module to improve the student teachers’ mathematical reasoning ability. International Journal of Instruction, 12(3), 541-560. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12333a

Sadiman, et al. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Saodang, Hamirhan. (2005). Pengertian Jalan Perkeasan Kaku. Bandung: Nova

Sasmayaputra, N.A. (2015). Pengembangan Media Modul Pembelajaran Konstruksi Bangunan untuk Pembelajaran Konstruksi Bangunan di SMKN 1 Sedayu Bantul. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawati, E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Modul pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102-112.

Siahaan, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Autocad Siswa SMK. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 4(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian dalam Pendidikan.

Sutriono, B., & Budimanto, E. (2012). Analisis Ketebalan Dan Biaya Perkerasan Jalan Di Ruas Jalan Raya Lamongan-Mojokerto. Extrapolasi: Jurnal Teknik Sipil, 5(01).

Taswin, M., & Kadir, A. A. (2016). Perencanaan Pembangunan Jalan Griya Abdi Negara Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Bering’s, 3(02), 56-61.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis: Indiana University.

Wicaksana, Y.D., Widoretno, S., & Dwiastuti, S. (2020). The use of critical thingking aspects on module to enhance students’ academic achievement. Iternational Journal of Instruction, 13(2), 303-314. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13221a

Wijaya, C. (1988). Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remadja Karya.

Zuki, R. E. A., & Hamzah, R. (2014). Development of integrated holistic teaching guide module for technical and vocational education teacher trainees. Development, 5(8).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Daniel Jesayanto Jaya, Nuryadin Eko Raharjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats