Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penguatan Keterampilan Fleksibilitas terhadap Hasil Belajar Kognitif

Agung Aprianto, Henry Praherdhiono, Agus Wedi

Abstract


Abstrak: Riset ini bertujuan membuktikan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning  dengan penguatan keterampilan fleksibilitas terhadap hasil belajar kognitif pada peserta didik kelas VII. Dalam pembelajaran ini peserta didik diajarkan untuk berpikir fleksibel dalam memecahkan masalah terkait materi energi dalam kehidupan. Dalam riset ini mengaplikasikan desain quasi eksperimen. Subjek dalam riset ini merupakan semua peserta didik kelas VII A dan VII B berjumlah 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Pretest dilakukan untuk mengambil data kemampuan awal peserta didik, sedangkan posttest dilakukan untuk menguji pengaruh perlakuan. Dalam riset ini dilakukan 3 uji statistic yaitu, (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas, (3) uji hipotesis. Hasil analisis hipotesis diperoleh H1 diterima karena nilai signifikansinya 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan penguatan keterampilan fleksibilitas pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar kognitif.

 

Abstract: This research proves the influence of Problem Based Learning by strengthening flexibility skills on cognitive learning outcomes in grade VII students. In study the students are taught to think flexibly in order to resolve the problem that is related to the energy life. The type of Research used is quasi-experimental. The data collection technique used is the test technique . The pretest is done to retrieve a students' initial ability data, while the posttest is conducted to test the effect of treatment . In This research, three statistical tests will be carried out namely, (1) normality test , (2) homogeneity test , (3) hypothesis test . The results of the hypothesis analysis obtained H1 were received because the significance value was 0.001 < 0.05, so it can be concluded that there is influence of Problem Based Learning (PBL) by strengthening flexibility skills in science subjects on the learning outcomes of cognitive learning.


Keywords


Problem Based Learning; Fleksibilitas Kognitif; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.

Alfiah, A. N. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Peserta didik Kelas V. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 11–18.

Asdiansyah, A., Mustaji, M., & Sitompul, N. C. (2020). Pengaruh Project Based Learning An Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk (Still Life) dalam Pelajaran Visual Art. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 119–128.

Astuti, Puji, Retno., Junaedi dan Iwan. (2012). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui PBL pada Peserta didik Kelas X SMAN 4 Pekalongan. Jurnal unnes, Vol. 22, No. 22. Butler, L. P. (2020). The Empirical Child? A Framework for Investigating the Development of Scientific Habits of Mind. Child Development Perspectives, 14(1), 34–40.

Chen, X., Wiesmeier, M., Sardans, J., Van Zwieten, L., Fang, Y., Gargallo-Garriga, A., Chen, Y., Chen, S., Zeng, C., & Peñuelas, J. (2020). Effects of crabs on greenhouse gas emissions, soil nutrients, and stoichiometry in a subtropical estuarine wetland. Biology and Fertility of Soils, 1–14.

Costa, A. L., & Kallick, B. (2008). Learning and leading with habits of mind: 16 essential characteristics for success. ASCD.

Costa, A. L., & Kallick, B. (2012). Belajar dan Memimpin dengan "Kebiasaan Pikiran 16" Karakteristik Penting untuk Sukses. Jakarta: PT. Indeks.

Darmawan, W., Kuswandi, D., & Praherdhiono, H. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Prakarya Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMK. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 170–179.

Fadly, Aditiya. (2012). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Model Pembelajaran (PBL) Studi Pada Kelas X Bisnis dan Manajemen Mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Ardjuna 1 Malang. Jurnal Fisika Indonesia,Vol. XVII, No. 49 ISSN: 1410-2994

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 165-178.

Gloria, R. Y., Sudarmin, W., & Indriyanti, D. R. (2020). Formative assessment with understanding by design to improve students’ habits of mind. Journal of Physics: Conference Series, 1521, 042094.

Indriani, U. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Fleksibel Peserta didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. FKIP UNPAS.

Kusumo, G. T. (2020). Pengaruh pengungkapan emisi gas rumah kaca terhadap nilai perusahaan: Tipe industri sebagai pemoderasi. Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Lestari, D., Sudarmin, S., & Haryani, S. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Habits Of Mind Pada Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(1), 796-806

Praherdhiono, H., Adi, E. P., & Prihatmoko, Y. (2018). Konstruksi demokrasi belajar berbasis kehidupan pada implementasi LMS dan MOOC. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28.

Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., Degeng, M. D. K., & Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang.

Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2017). Pengaruh model PBL (Problem Based Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik. Sainsmat. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1-14

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Santosa, E. O., & Setyawan, I. (2014). Hubungan antara Fleksibilitas Kognitif dengan Problem Focused Coping Pada Mahapeserta didik Fast-Track Universitas Diponegoro. Empati, 3(2), 139–146.

Sari, Fadiawati, dan Tania. (2015). Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Pada Materi Laju Reaksi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Jurnal Vol. 4, No.2 Edisi Agustus 2015, 556-567

Sibarani, Hotmian . (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Kimia Peserta didik Sma Kelas Xi Ipa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. online http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20797

Toraman, Ç., Özdemir, H. F., Kosan, A. M. A., & Orakci, S. (2020). Relationships between Cognitive Flexibility, Perceived Quality of Faculty Life, Learning Approaches, and Academic Achievement. International Journal of Instruction, 13(1), 85–100.

Wijayanti .(2020). Pengaruh Model Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas VII Semester II Smp Negeri 35 Medan T.P. 2019/2020 Available online http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi e-issn 2549-8258, p-issn 2337-4624

Wijayanti, A., & Wulandari, T. (2016). Efektivitas model CTL dan model PBL terhadap hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 112-124.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191.

Zakiyah, H., & Ulfa, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Lantanida Journal, 5(2), 106-118.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agung Agung Aprianto, henry Henry Praherdhiono, agus agus wedi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats