Pengembangan Model Permainan Kereta Air untuk Pengenalan Air Bagi Pemula Usia 6-8 Tahun Di Klub Renang Amarta Aquatic Kota Malang

Mustaqim Mustaqim, Rusdiyanto Rusdiyanto

Abstract


Abstrak: Pengembangan model permainan air adalah latihan bagi para pemula yang memang belum pernah berenang sebelumnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghilangkan rasa takut terhadap air dan mengenalkan sifat air seperti dingin, basah dan tahanan air bagi pemula usia 6-8 tahun. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari tujuh tahapan yaitu analisis kebutuhan, pembuatan rancangan produk awal, evaluasi para ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba kelompok kecil yaitu 10 perenang sedangkan subjek uji coba kelompok besar yaitu 30 perenang kelas toddler klub renang Amarta Aquatic Kota Malang. Aspek yang diukur pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar yaitu kemenarikan, kemudahan dan kesenangan. Hasil rata-rata persentase uji coba kelompok kecil yaitu 85% (sangat baik) sedangkan uji coba kelompok besar yaitu 85% (sangat baik). Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yaitu pengembangan model permainan kereta air untuk pengenalan air bagi pemula usia 6-8 tahun di klub renang Amarta Aquatic Kota Malang sangat valid sehingga layak untuk diguakan dalam pengenalan air.

Abstract: The development of a water game model is an exercise for beginners who have never swam before. This development research aims to eliminate the fear of water and introduce the nature of water such as cold, wet and water resistance for beginners aged 6-8 years. This research and development use Borg and Gall model consisting of seven stages: requirement analysis, initial product design, expert evaluation, small group trial, product revision, and large group trial. The subjects of small group trials are 10 swimmers while the subjects of large group trials are 30 class swimming pool toddler swimming pool Amarta Aquatic Malang. Aspects that are measured on small group trials and large groups are attractiveness, ease and pleasure. The average result of the percentage of small group trials is 85% (very good) while large group trials are 85% (very good). The conclusion based on the research results is the development of water train model for water introduction for beginners aged 6-8 years in the pool club Amarta Aquatic Malang is very valid so it is feasible to use in the introduction of water.


Keywords


Permainan; pengenalan air; renang; Game; water recognition; swimming.

Full Text:

PDF

References


Anggara (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Pengenalan Air Olah Raga Renang Di Sekolah Dasar Negeri Bareng IV Kota Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, (Online), 9 (4), (http://journal.um.ac.id) diakses Desember 2010.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983.Education Research: An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman.

Bandi (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Akuatik Berbasis Permainan (Aquatic Teaching Based On Game) Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Olahraga, (Online), 13 (3), (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22276), diakses 1 Juli 2015.

Ermawan (2016). Model Permainan Air (Water Fun Games) Untuk Meningkatkan Potensi Berenang Dan Perilaku Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Olahraga, (Online), 12 (4), (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22276), diakses 11 Agustus 2017.

Furqon. (2006). Mendidik Anak dengan Bermain (Buku Pegangan Puru Penjas di Sekolah Dasa). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Irianto, A. (2009). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nerosa (2013). Pengembangan Model-Model Pengenalan Air Dalam Pembelajaran Renang Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, (Online), 12 (3), (http://journal.um.ac.id) diakses 5 Januari 2014.

Pradana (2013). Pengembangan Macam-Macam Permainan Pengenalan Air Untuk Belajar Renang Pemula Di SDN Kepuharjo II Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, (Online), 12 (3), (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/view/4906) diakses 12 Januari 2014.

Roeswan dan Soekarno. 1979. Renang dan Methodik Untuk SGO. Jakarta: PT. Karya UniPress.

Satria (2013). Pengembangan Model “Koin Bertahap” Dalam Proses Pembelajaran Renang Siswa Kelas III SD Negeri Slawi Kulon 02 Kec. Tegal Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Kesehatan Olahraga (Online), 3 (2) (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs/article/view/6469), diakses 10 Maret 2014

Salim (2014). Pengembangan Model Permainan Air Dalam Pembelajaran Renang Siswa Kelas Rendah SD Negeri Model Kota Malang. Jurnal pendidikan jasmani dan kesehatan, (Online) 13 (4), (http://journal.um.ac.id) diakses 5 Februari 2015.

Sobur, A. (2009:246). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Tetikay, R, M. Pd. 2011. Renang (Teknik&Metodik). Malang: Wineka MediaPate, R. dkk. 1993. Dasa-dasar Ilmiah Kepelatihan. Semarang: Ikip Semarang Perss

Yulianto (2014), Pengembangan Model Latihan Pengenalan Air Menggunakan Media Video Bagi Peserta Usia Pemula Ekstrakurikuler Renang Di SD Anak Saleh Kota Malang. Jurnal pendidikan jasmani dan kesehatan, (Online), 13 (2), (http://journal.um.ac.id) diakses 11 Januari 2010

Zazuli (2016). Pengembangan Permainan Pengenalan Air Dalam Pembelajaran Renang Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Jurnal pendidikan jasmani dan kesehatan, (Online), 11 (3) (http://journal.um.ac.id) diakses 25 Desember 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats