KEBUTUHAN SUMBER BELAJAR DOSEN YANG MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI PERGURUAN TINGGI

Imam Fitri Rahmadi, Khaerudin Khaerudin, Cecep Kustandi

Abstract


Seorang dosen harus terus mengembangkan keilmuannya secara berkelanjutan yang difasilitasi oleh perguruan tinggi dengan menyediakan sumber belajar yang lengkap, relevan, dan terbaru. Namun, sebelum menyediakan sumber belajar, perlu terlebih dahulu dilakukan analisis kebutuhan sumber belajar. Studi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kecenderungan jenis sumber belajar yang dibutuhkan oleh dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang mendukung pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Studi dilakukan dengan metode survei menggunakan angket yang diisi oleh 114 dosen dari 7 fakultas di UNJ. Dosen pada setiap fakultas, memiliki kecenderungan pilihan jenis sumber belajar yang berbeda, namun video dan PowerPoint (PPt) merupakan sumber belajar yang paling dibutuhkan. Pengembangan sumber belajar di perguruan tinggi harus mempertimbangkan kebutuhan sumber belajar dosen pada setiap fakultas, bukan hanya secara keseluruhan pada tingkat universitas.

References


Any, J. I. (2011). Pemanfaatan Sumber-Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Fuaidah, T. (2013). Implementasi Pemanfaatan Media Blog dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Definition with Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Januszewski, A. (2001). Educational Technology: The Development of a Concept. Colorado: Libraries Unlimited.

Rahmadi, I. F. (2017). “Mengembangkan Pusat Sumber Belajar di Perguruan Tinggi Berdasarkan Masalah dan Kebutuhan Terbaru”. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol. 31, No. 2, h. 90-96.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2012). Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Seels, B. B., & Richey, R. C. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya, terjemahan Dewi S. Prawiradilaga, Raphael Rahardjo, dan Yusufhadi Miarso. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 1994.

Sumantri, M. S. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar pada Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats