PERAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS YANG DIGAMBARKAN DALAM FILM BEYOND THE BLACKBOARD KARYA JEFF BLECKNER

Sugeng Susilo Adi, Irene Nany Kusumawardani, Jeanne Valentine Fransisca

Abstract


Penelitian ini menganalisis peran seorang guru dalam mengelola kelas yang digambarkan dalam film Beyond Blackboard menggunakan teori manajemen kelas dari Sanjaya (2006). Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan tentang fenomena yang diamati, dimana data diambil dari dokumentasi film Beyond Blackboard dalam bentuk ucapan dan adegan peran utama Stacey Bess. Data dikumpulkan dengan melakukan beberapa langkah: menonton film, menemukan informasi tentang peran guru, dan mengklasifikasikan ucapan-ucapan dan adegan yang mengandung peran guru. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada tujuh peran guru yang diterapkan oleh Stacey Bess yaitu guru sebagai sumber informasi, fasilitator, manajer, demonstrator, supervisor, motivator, dan evaluator. Peneliti menemukan peran yang paling sering diterapkan dalam film ini adalah peran guru sebagai manajer. Selain itu, Stacey juga mampu menerapkan dan menggabungkan peran-peran itu dengan baik. Peran guru yang dimainkan dengan benar diwujudkan dalam bentuk peran Stacey dalam membangun hubungan yang baik dengan siswa, meminimalkan gangguan dalam proses pembelajaran, meningkatkan prestasi siswa, dan menginspirasi siswa untuk mengubah perilaku negatif mereka.


References


Anjarwati, Fitria. (2015). A Study of English Teaching and Learning Strategies Used in God of Study Related to South Korean Culture. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Skripsi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Brawijaya.

Ary, D. et al. (2010). Introduction to Research in Education. USA: Wadsworth Cengage Learning.

Boggs, M. J., Petrie, W. D. (2008). The Art of Watching Films Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

Brown, H. Douglas. (2000). Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition. New York: Pearson Education, Inc.

Brown, H. Douglas. (2000). Principles of Language Learning and Teaching, Fourth Edition. New York: Pearson Education, Inc.

Cooper, et al. (2014). Classroom Teaching Skils. USA: Wadsworth Cengange Learning.

English Oxford Dictionary. (2017). Definition of Classroom. Retrieved April 28, 2017 from https://en.oxforddictionaries.com/definition/classroom

Fransisca, Jeane V. (2017). An Analysis of Teacher’s Roles in “Beyond The Blackboard” Movie. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Skripsi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Brawijaya.

Harmer, Jeremy. (1998). How to Teach English. England: Pearson Education Limited.

Harmer, Jeremy. (2001). The Practice of English Language Teaching, Third Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Husnayah, Balqis. (2016). The English Teachers’ Classroom Management for the Second Year Students at SMP Negeri 10 Malang. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Skripsi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Brawijaya.Universitas Brawijaya.

Marzano, J. Robert. (2004). Classroom Management that Works. USA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Dr. H. (2009). Classroom Management: Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan Bagi Siswa. Malang: UIN-Malang Press.

Muthohharoh, Roudlotul. (2012). Analyzing Teacher’s Role and Teacher’s Profile in the Film “I Not Stupid Too 2 (A Study of an Unsuccessful Teacher)”. Skripsi. http://digilib.uinsby.ac.id/10322/, diakses 22 Mei 2018

Oksawe, Regina N. (2014). Classroom Management: A Tool for Achieving Quality Secondary School Education in Nigeria. International Journal of Education Volume 6, No 2, Hal 58-68.

Richards, J., & Lockhart, C. (1994). Reflective Teaching in Second Language Classroom. Cambridge: Cambridge. [online]. https://books.google.co.id/books?id=u5VECdm4HycC&printsec=frontcover &source=gbs_ViewAPI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false. Diakses diakses 23 Mei 2018

Saleh, Aripin. (2014). An Analysis of Behavior Modification Approach Implemented by English Teachers in Teaching Speaking at MTSN Lubuk Buaya Padang. Indonesia Publication Index (IPI), Volume 4. No, 2, Hal 1-5.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan¸ Jakarta: Prenadamedia Group.

Wright, Tony. (2005). Classroom Management in Language Education. New York: Palgrave Macmillan.

Yan, Shanghais. (2012). Teacher’s Roles in Autonomous Learning. Journal of Sociological Research. Volume 3, No 2, Hal. 557-562


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE

 

 

 

Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats