PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN UNIVERSITAS BATURAJA

Sulia Ningsih, Anita Adesti

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan angin segar pada peningkatan kualitas pendidikan. Penggunaan smartphone android oleh mahasiswa sebagai media komunikasi menjadi salah satu potensi yang bisa dikembangkan untuk menunjang pembelajaran bergerak secara virtual di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan mobile learning berbasis android dan (2) menguji kelayakan mobile learning berbasis android pada mata kuliah strategi pembelajaran dengan kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan prosedural yang diadaptasi dari model pengembangan Pustekom menurut Warsita yang meliputi (1) tahap perencanaan, (2) tahap produksi atau pengembangan media, dan (3) tahap penilaian atau evaluasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dihasilkannya aplikasi mobile learning berbasis android mata kuliah strategi pembelajaran, (2) mobile learning berbasis android mata kuliah strategi pembelajaran layak digunakan. Hal ini sesuai dengan hasil uji validasi ahli materi (83,28= valid), ahli desain pembelajaran (83,5= valid) dan ahli media (81,31= valid), evaluasi orang perorang (85,45= praktis), evaluasi kelompok kecil (85,83= praktis), dan uji coba lapangan (85,84= praktis).

Abstract

The development of science and technology, especially in the field of information technology and communication, has provided a breath of fresh air in improving the quality of education. The use of android smartphones by students as a communication medium is one of the potentials that can be developed to support virtual mobile learning in universiy. This studywas aimed at (1) developing android-based mobile learning and (2) testing the feasibility of android-based mobile learning in learning strategy courses with valid and practical criteria. This research and development study used a procedural development model adapted from the Pustekom development model according to Warsita which includes (1) the planning stage, (2) the stage of media production or development, and (3) the evaluation or evaluation stage product. The results of the study showed that (1) Android-based mobile learning applications were produced in learning strategy courses, (2) Android-based mobile learning was proper to use in learning strategy course. This was in accordance with the results of the material expert validation test (83.28 = valid), learning design experts (83.5 = valid) and media experts (81,31 = valid), individual evaluation (85.45 = practical), evaluation small group (85.83 = practical), and field trials (85.84 = practical).

 


Keywords


mobile learning, android, smartphone

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. G. (2013). Penggunaan EDI Scanner sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat, Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi , 192-209.

Akminanti, A. (2013). Simbolisasi Filosofi Perusahaan Melalui Logo pada PT Pertamina Persero. eJournal Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 1 , 87-100.

Astuti, I. A., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika Volume 3 Nomor 1 , 57-62.

Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. J. Kaunia ISSN 1829-5266 (print) ISSN 2301-8550 , 59-64.

Istiyanto, J. E. (2013). Pemrograman Smartphone Menggunaakan SDK Android dan Hacking Android. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khomarudin, A. N., Efriyanti, L., & Tafsir, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile learning Berbasis Android pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. Journal of Educational Studies (Educative) , 72-87.

Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A., & Lumenta, A. S. (2015). Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile Gis Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 4 No. 2 , 18-25.

Majid, A. (2012). Mobile learning. Makalah Prodi Pengembangan Kurikulum Sekolah Pascasarjana, Sekolah Pascasarjana (S3). Bandung: Prodi Pengembangan Kurikulum UPI.

Matlubah, H., Anekawati, A., & Ngadi. (2016). Aplikasi Mobile learning Berbasis Smartphone Android Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Wiraraja Sumenep. Jurnal Lentera Sain , 85-98.

Ningsih, S. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Mobile learning Berbasis Android . Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1 , 45-54.

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya Vol. 33, No. 2 , 87-92.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan Adaptive Mobile learning pada Mata Pelajaran Biologi SMA sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 4, No 1 , 26-37.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widhoasih, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu. Volume 01 Nomor 02 , 58-64.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1) , 88-99.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats