Kelayakan Bahan Ajar Materi Perbandingan Trigonometri yang Berorientasi Hots pada Siswa SMA

Fahrur Rosyi, A. Noor Fatirul, Hartono Hartono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan bahan ajar matematika materi perbandingan trigonometri untuk siswa SMA. Pengambilan sampel dilakukan di SMA Negeri 3 Sampang. Faktanya di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika khususnya materi trigonometri di SMA Negeri 3 Sampang hasil pembelajarannya belum maksimal, baik itu tentang respon siswa dan aktivitas pembelajaran siswa. Hal ini disebabkan karena belum adanya bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa khususnya materi perbandingan trigonometri. Oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi dan pengembangan bahan ajar yang sangat menarik dan beda dari buku-buku yang biasa beredar di pasaran. Dalam merancang bahan ajar ini, peneliti menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang telah dimodifikasi. Bahan ajar dari pengembangan ini divalidasi oleh ahli materi bidang studi matematika dan ahli media, selain itu juga diuji coba kelompok kecil yang terdiri dari  9 siswa. Hasil dari uji validasi ditemukan bahwa Secara keseluruhan ahli materi memberikan penilaian pada bahan ajar diperoleh skor rata-rata 4,15. Ahli media memberikan penilaian pada bahan ajar tentang aspek kegrafikan yang terdiri dari ukuran buku, desain sampul dan desain isi diperoleh skor rata-rata 4,23. angket respon siswa (uji kelompok kecil) yang terdiri dari 9 siswa tentang ketertarikan, isi materi dan bahasa diperoleh skor rata-rata 4,68 sehingga secara keseluruhan bahan ajar dapat dikategorikan sangat layak.

 

This research aims to determine the feasibility of the development of teaching materials math trigonometry comparative material for high school students. Facts on the ground show that the study of mathematics, especially trigonometry matter of learning outcomes is not maximized, be it about the response of students and student learning activities. This is due to lack of instructional materials interesting and easily understood by students, especially trigonometry comparison material. In designing these materials, researchers used a Dick and Carey model of development that has been modified. The results of the validation test found thatOverall subject matter experts provide an assessment of the average score of 4.15. Media experts provide an assessment of the average score of 4.23. student questionnaire responses (test small groups) receive an average score of 4.68 so that the overall teaching materials can be categorized as very feasible.


Keywords


Teknologi pendidikan; trigonometri; hots; dick and carey

Full Text:

PDF

References


Asriani, P., Cholis Sa’dijah.,& Sa’dun Akbar. (2017). BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN: TEORI, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN. Volume: 2 Nomor: 11 Bulan November Tahun 2017. Halaman: 1456-1468 (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ diakses, 23 Desember 2019).

Bartell, TG (2012). BELAJAR MATEMATIKA MENGAJAR UNTUK KEADILAN SOSIAL: NEGOSIASI KEADILAN SOSIAL DAN TUJUAN MATEMATIKA. Dewan Nasional Guru Matematika, 44 ( 1), 129-163. Diakses dari www.nctm.org

Bialik, M., Bogan, M., Fadel, C., & Horvathova, M. (2015). EDUCATION FOR THE 21ST CENTURY: WHAT SHOULD STUDENTS LEARN?. Center for Curriculum Redesign, 3(4), 415–420. Retrieved from www.curriculumredesign.org.

Buitrago, Agela Gamba. (2017). COLLABORATIVE AND SELF-DIRECTED LEARNING STRATEGES TO PROMOTE FLUEN EFL SPEAKERS. Journal English Language Teaching: Vol 10 No 5.

Ghufron, A. (2010). INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN. (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/230/pdf_23, diakses 23 Desember 2019).

Hadi, Samsul, Heri Retnawati, Sudji Munadi, Ezi Apino, Nidya F. Wulandari. (2018). THE DIFFICULTIES OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING HIGHER-ORDER THINKING SKILLS PROBLEMS. Problems of education in the 21st century vol. 76, no. 4. View in (google scholar).

Hamidah, siti. (2016). KELAYAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) KEANEKARAGAMAN FUNGI BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) DENGAN MEMANFAATKAN BERBAGAI MEDIA FUNGI UNTUK SISWA SMA KELAS X SECARA EMPIRIS. BioEdu Berkala Ilmu Pendidikan Biologi, Vol. 5, No. 3

Handayani, Agustina, Punaji Setyosari & Sulthoni (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA VIII II SMP ISLAM YAKIN TUTUR KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Edcomtech Volume 2, Nomor 1, April 2017. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2073/1218/diakses 24 Desember 2019.

Hartono, B. Soedarmadji. (2017). THE DEVELOPMENT OF COMPUTER BASED CAREER GUIDANCE APLICATION PROGRAM FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT. ICEI online (http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/)

Hoir, S., M. Subandowo, Yoso Wiyarno. (2019). IMPROVE YOUR ENGLISH THROUGH THE 21ST CENTURY SKILLS. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Edcomtech. Volume 4, No 1, Hal. 38-48. Diakses 23 Desember 2019.

Kurniati, Dian. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DI KABUPATEN JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERSTANDAR PISA. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20(2), 142-155.

Lestari, Ika. (2013). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMPETENSI. Padang: Akademia Permata.

Mulyatiningsih, Endang. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN. JURNAL ILMU PENDIDIKAN, (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf).

Musfiqi, shin’an & Jailani. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA KARAKTER DAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 No. 1, (45-59)

Nguyen Thi Minh Tam. (2018). USING PROBLEM-BASED LEARNING TO PROMOTE STUDENTS’ USE OF HIGHER-ORDER THINKING SKILLS AND FACILITATE THEIR LEARNING. N.T.M. Tam / VNU Journal of Foreign Studies, Vol.34, No.2 (2018) 90-110.

Nuritasari, Fetty. (2014). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MATERI TRIGONOMETRI UNTUK KELAS X. Jurnal ilmu pendidikan, (http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/vi ew/33677).

Prastowo, Andi. (2012). PANDUAN KREATIF MEMBUAT BAHAN AJAR INOVATIF. Yogyakarta: Diva Press.

Resvathi P. S. A., Degeng, N. S dan Kuswansi, D. (2017). PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN PENANGANAN PASCAPANEN BUAH-BUAHAN KELAS XI SEMESTER II SMK-PP NEGERI BANJARBARU. Edcomtech Vol. 2 (1), pp. 77-87. Diakses 22 Desember 2019

Retnawati H., Hasan Djidu, Kartianom, Ezi Apino & Risqa D. Anazifa. (2018). TEACHERS’ KNOWLEDGE ABOUT HIGHER ORDER THINKING SKILLS AND ITS LEARNING STRATEGY. Problem of Education In The 21st Century. Vol. 76, no. 2, 2018. Diakses 21 Desember 2019.

Ridwan, M., Sahat Siagian. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 3, No. 2. Hal. 167-180. Diakses, 20 Desember 2019.

Saputra, Hatta. (2016). PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MENUJU ERA GLOBAL: PENGUATANMUTU PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS). Bandung: SMILE’s Publishing.

Scott, L. A. (2017). 21ST CENTURY SKILLS EARLY LEARNING FRAMEWORK. PARTNERSHIP FOR 21ST CENTURY SKILL (P21). Retrieved from http://www.p21.org/storage/documents/EarlyLearning_Framework/ P21_ELF_Framework_Final.pdf.

Sriyanto, Ibut Priono Leksono, Harwanto. (2019). BAHAN AJAR PPKN BERBASIS KARAKTER DAN LITERASI UNTUK SISWA KELAS IX SMP AL HIKMAH SURABAYA. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 130-142.

Wahyuni, Eka., I Nyoman Sudana Degeng., Nurmida, C. Sitompul. (2018), PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK PENDAMPING GURU DENGAN MODEL WEBBED UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 2. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Edcomtech. Vol. 3 No. 2 2018. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5084. Diakses, 23 Desember 2019.

Widodo, T & Kadarwati, S. (2013). HIGH ORDER THINKING BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERORIENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Cakrawala Pendidikan 32(1), 161-171.

Yagcioglu, Ozlem. (2016). INCREASING CREATIVITY WITH THE SELF-STUDIES IN BASIC ENGLISH CLASSES. European Journal of English Language Teaching; vol 1, Issue 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats