PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR BOLA SOFTBALL KELAS 7 SMP NEGERI 1 KOTA MALANG

Abimantrana Astari Pradana, Siti Nurrochmah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar bola softball akibat pembelajaran metode drill dinamis dan statis. Hasil analisis varian satu jalur dan LSD α 0,05 (Fhitung 13,0949 > Ftabel α 0,05 4,1708 dan  vs  1,60 > LSDα 0,05 0,01) ada perbedaan pengaruh pembelajaran metode drill dinamis dan statis terhadap peningkatan hasil belajar lempar bola softball. Pembelajaran drill dinamis lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar lempar bola softball dibandingkan drill statis.

Keywords


pembelajaran, metode drill, hasil belajar, lempar, softball

Full Text:

PDF

References


Aprianova dan Hariadi. 2016. Metode drill untuk meningkatkan teknik dasar menggiring bola (dribbling) dalam permainan sepakbola pada siswa sekolah sepakbola putra zodiac kabupaten bojonegoro usia 13-15 tahun. (http://journal.um.ac.id/index.php/jko/article/view/7709), diakses 2 Oktober 2018.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Christina dan Advendi K. 2011. Petunjuk Praktis Bermain Softball. Malang: Wineka Media.

Daryanto, S. K. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media

Djudin, T. 2013. Statistika Parametrik: Dasar Pemikiran dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Fahmi, M. Y. N. 2018. Pengaruh Pembelajaran Variasi Dribble Lurus dan Dribble Zig-zag Menggunakan Modifikasi Bola Plastik terhadap Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Dribble Sepakbola Siswa Kelas XI SMAN 5 Malang. Skripsi diterbitkan. Malang: FIK UM.

Hamid, M. S. 2014. Metode Edutainment. Jogjakarta: DIVA Press.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Kusumawati, M. 2015. Penelitian Pendidikan PENJASORKES (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Alfabeta.

Oktaviani. T. S. 2018. Pengaruh Pembelajaran Metode Drill dan Komando terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dribble Bolabasket Kelas XI SMAN 5 Malang. Skripsi diterbitkan. Malang: FIK UM.

Rahyubi, H. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media

Riyana, C. 2010. Modul 6: Komponen-Komponen Pembelajaran, (Online) , (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196209061986011-AHMAD_MULYADIPRANA/PDF/Komponen_Pembelajaran.pdf), diakses 2 Oktober 2018.

Sanjaya dan Andi. 2017. Paradigma baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono dan Asep S. 2012. Statistik Deskriptif: Langkah Mudah Analisis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, P. A. 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Smash Bolavoli Menggunakan Metode Drill Bervariasi untuk Pembelajaran Siswa Kelas Olahraga SMP Negeri 1 Batu. Skripsi diterbitkan. Malang: FIK UM.

Yamin, H. Martinis. 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v3i2p121-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA   

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats