PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR POLA LANGKAH PENCAK SILAT SEKOLAH DASAR

Pongky Widyalaksono, Hendra Mashuri, Septyaning Lusianti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar pola langkah pencak silat. Penelitian ini merupakan action research. Subjek penelitian ini adalah kelas V di SD Negeri Banjaran 2 Kediri Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi siswa dan guru, tes uraian dan tes praktik. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar gerak dasar pola langkah pencak silat setelah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar pola langkah pencak silat pada siswa sekolah dasar.

Keywords


audiovisual, hasil belajar, gerak dasar, pola langkah, pencak silat

Full Text:

PDF

References


Dewi, K., & Herman, Z. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Ginting, A. (2010). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hanief, Y. N., Subekti, T. B. A., & Mashuri, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414

Hasibuan, R. F. (2018). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENDANGAN BUSUR PENCAK SILAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 568–575. Medan: UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Kurniawan, A. W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PENCAK SILAT SENI DENGAN MUSIK. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. https://doi.org/10.17977/um040v2i1p10-17

Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.681

Mashuri, H. (2019). ANALISIS TINGKAT KENIKMATAN BERAKTIFITAS FISIK PESERTA DIDIK PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan). https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.602

Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga : Sebuah Pandangan Filosofi. Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 383–390.

Muhtar, T. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAK SILAT BERBASIS KARAKTER. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5124

Mulyana. (2014). Pendidikan Pencak SIlat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, P. D. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Afektif Kognitif Dan Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran Permainan Futsal Di Smpn 1 Lembang. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1).

Sudjana, N. (2006). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wati, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Bandung: Humaniora.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v4i1p8-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA   

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats