STUDI KOMPARATIF PERKEMBANGAN KELINCAHAN ANAK USIA 10 TAHUN BERDASARKAN PERBEDAAN KETINGGIAN TEMPAT TINGGAL DI WILAYAH MALANG RAYA

Kartika Nawasasi, Asim Asim, Tatok Sugiarto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kelincahan anak putra usia 10 tahun yang berada di dataran rendah, dataran sedang, dataran tinggi di Malang Raya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey dengan pendekatan cross-sectional. Subjek dari penelitian ini adalah anak putra usia 10 tahun yang berada di dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi di Malang Raya dengan total subjek 91 anak. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Hasil pengujian hipotesis adalah terdapat perbedaan rata-rata kelincahan anak putra usia 10 tahun yang tinggal di daerah dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh perbedaan wilayah tempat tinggal terhadap kelincahan anak putra usia 10 tahun.

 

Kata Kunci: Kelincahan, Anak Usia 10 Tahun, Dataran Rendah, Dataran

 Sedang, Dataran Tinggi.


Full Text:

PDF

References


Allen, K.E. & Marotz. L.R. 2010. Profil Perkembangan Anak Prakelahiran Hingga Usia 12 tahun. Jakarta: PT Indeks.

Banowati, E. 2013. Geografi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Budiwanto, S. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: UM Press.

Dariyo, A. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Usia Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT Refika Aditama.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Gelora Aksara Pratama

Gallahue, D.L. 1982. Development Movement experinces for Children. America: United States

Giriwijoyo, H.Y.S.& Sidik, DZ.

Ilmu Faal Olahraga.

Bandung:Jurusan Pendidikan

Kepelatihan Olahraga Fakultas

Pendidikan Olahraga dan

Kesehatan Universitas

Pendidikan Indonesia.

Hachana, Younés dkk. 2014. Validity And Realibility Of New Agility Test Among Elite And Subelite Under 14-Soccer Players. CrossMark, (Online), 9(4):1, (www.plosone.org) diakses 20 November 2016.

Harsono.1997a. Prinsip-Prinsip Latihan Dan Latihan Kondisi Fisik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harsono. 1988b. Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Horička, Pavol. 2014. The Relationship Between Speed Factors And Agility In Sport Games. Journal Of Human Sport & Exercise, 9(1): 56.

Irianto, A. 2008. Statistik Konsep Dasar & Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media Group.

Kasenda, I. 2014. Perbandingan Denyut Nadi Antara Penduduk yang Tinggal di Dataran Tinggi dan Dataran Rendah. Jurnal e-Biomedik, (Online), 2(2), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=172507&val=1008&title=PERBANDINGAN%20DENYUT%20NADI%20ANTARA%20%20PENDUDUK%20%20YANG%20TINGGAL%20DI%20DATARAN%20TINGGI%20DAN%20DATARAN%20RENDAH), diakses pada 5 November 2016.

Katralli, J.& Goudar. 2015. A Cross Sectional Study To Assess Flexibility And Agility Levels In Indian Judo Players. Journal Impact Factor, 7(3): 17.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Ketrampilan Motorik Pengantar Teori Dan Metode. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sulaiman, W. 2005. Statistik Non-Parametik Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Pujiastuti, S. 2007. IPS Terpadu. Jakarta: Erlangga

Pusat Kesegaran Jasmani Dan Rekreasi. 1997. Penilaian Kesegaran Jasmani Dengan Tes A.C.S.P.F.T. Untuk Siswa SD: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Rahyubi, H. 2014. Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik . Bandung: Nusa Media.

Ruhimat, M. & Jajang. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi). Bandung: PT Grafindo Media Pratama.

Soejadi, I. 1981. Permainan Dan Metodik. Jakarta: Tarate Bandung.

Soetjiningsih & Ranuh. 2002.Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran.

Sudjana. 2005. Metodologi Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana & Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2016. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Adikita

Wiyani, N A. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Yuda, C N. 2012. Studi Komparatif Perkembangan Kelincahan Antara Anak Usia 9,10, dan 11 Tahun Di Dataran Rendah Dengan Dataran Tinggi Di Kabupaten Pasuruan. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA (GPJI) article template:

 

GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA indexed by:

Google Scholar BASE-SEARCHResearchbib PKP INDEX OneSearch


Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani
Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Flag Counter