MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI GAME LONCAT BOWLING DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATFAL II CABANG SUNGGUMINASA KELOMPOK B

Nur Isnawati, M Yusran Rahmat

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik  kasar anak melalui game loncat bowling di TK Aisyiyah Bastanul Atfal II Cabang Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjeknya adalah anak kelompok B sebanyak 12 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, analisis datanya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan game loncat blowing, peningkatan motoric kasar dari 12 anak yang diteliti ada 4 anak yang berkriteria Berkembang sesuai Harapan (BSH) dengan presentase 24% dan ada 8 anak yang berkriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan presentase sebesar 56%. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan game loncat bowling dapat meningkatkan kemampuan motoric kasar anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfal II Cabang Sungguminasa dengan jumlah rata-rata perolehan yaitu 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Keywords


Kemampuan motorik kasar, game loncat bowling

References


Ahmad Susanto.2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

AngganiSudono. (1995). Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rikena Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka cipta.

Arikunto, SuharsimiDkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

B.E.F Montolutu. (2005). Bermain Dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Bambang Sujiono. (2005). Metode Pengembangan Fisik Motorik Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bredekamp dan Copple, (2004: 5.4) Developmentally appropriate practice in early childhood programs. Washington, D.C: A 1996-97 NAEYC Comprehensive Membership Benefit. National Association for the Education of Young Children. Retrieved from https://www.naeyc.org/sites/default/files/globallyshared/downloads/PDFs/resources/position-statements/PSDAP.pdf

Depdiknas.(2008). Model Pengembangan Motorik Anak. Jakarta: Bagian Proyek Olahraga Masyarakat, Direktorat Olahraga Masyarakat.

Desmita.(2007) Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dharmamulya, Sukirmandkk. 2008. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta :Penerbitkepel Press Puri arsita A-6.

Diakses DariHttp:library.um.ac.id/ptk/index.php?mod.cri Tanggal 13 agustus 2013 pukul 17.16

Gallahue dan Ozmun, (2006: 17) Selected Factor Affecting Motor Development In:understanding Motor Development: Infants.Children, Aldolencents. Adultwith Power Web 6thed ; Pp: 78-74. New York: Mac Graw Hill.

Gerungan,W.A. 1996. Psikologi Sosial. Bandung: PT Eresco

GinanjarAsmasubrata.(2012). Serba Tahu Dunia Olahraga. Surabaya: Dafa Publishing

H.Stricland, Robert. (1999). Bowling (Terjemahan :EriDesmarini Nasution). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hurlock, B. Elizabet. (1997). Perkembangan Anak Jilid II (Terjemahan :MedMelitasariTjanrasa bad MuchlihahZarkasih). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Ismatul Khasanah, Agung Prasetyo, ellyaRakhmawati. 2011. Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, vo. 1 no. 1 (http://ortalgaruda.org). Diakses 15 Agustus 2021 pukul 12.00 WITA.

Jubaedah. (2011). Penerapan Permainan BowlingUntukMenigkatkan Kemampuan BerhitungAnak Kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan XIV SumberagungGratiPasuruan.

Kamtini dan HusniWardi. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di TK. Jakarta: Depdiknas.

Maimunah Hasan. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Maryanti.dkk. 2011.Buku Ajar Neonatus Bayi dan Balita.Jakarta : Penerbit Trans Info Media

Masitoh, dkk.(2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan PendidikanNasional.

Mayke T. Sugianto. (1995). Bermain Mainan, Dan Permainan. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

MS. Sumantri. (2005). Model Pengembngan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Muhajir.(2004). Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Slamet Suyanto (2005: 51). Konsep DasarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Slamet Suyanto. (2005). Konsep DasarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

SuharsimiArikunto.(2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Sumantri, (2005: 4). Pengembangan Ketrampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan

Susilo, dkk.(2011). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media.

U.Z. Mikdar. (2006). Hidup Sehat:Nilai Inti Berolahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana PrendaMedia Group.

Wira Indra Satya.(2006). Membangun KebugaranJasmaniDan Kecerdasan Melalui Bermain. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

YudhaSaputra dan Rudyanto. (2005). Pembelajaran Koopertif untuk Meningkatkan Ketranpilan Anak TK. Jakarta

Zulkifli (dalam Samsudin, 2008: 11) Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v6i2p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Isnawati, M Yusran Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA   

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats