Pendidikan Karakter dalam Extrakurikuler Silat Berbasis Motion Capture Berbantuan Computer Generated Images (CGI) di Sekolah Dasar Kelas Rendah di Indonesia

Ferril Irham Muzaki

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) melakukan kajian terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran silat di Sekolah Dasar, (2) membuat pengkajian pola gerakan terhadap gerakan-gerakan bertahan yang bisa digunakan untuk bertahan untuk peserta didik usia sekolah dasar, dan (3) analisis terhadap probalitias penggunaan piranti motion picture untuk melatih peserta didik agar memiliki nilai-nilai karakter dalam kegiatan silat untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah (1) diskusi dengan pakar pendidikan karakter tentang nilai-nilai silat (2) kajian pustaka terhadap literatur dan (3) observasi partisipatif terhadap kegiatan silat di lingkungan sekolah dasar dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini (1) nilai-nilai karakter yang bisa ditanamkan adalah kedisplinan serta nilai karakter kehati-hatian dalam bertindak, (2) gerakan yang bisa diterapkan adalah hindar dan elak untuk melatih peserta didik membela diri dan (3) piranti motion capture memiliki peluang untuk koreksi atas gerakan yang dilakukan oleh peserta didik agar lebih akurat dan terarah. Simpulan dari penelitian ini, penanam pendidikan karakter di sekolah dasar dengan silat bisa berbasis peranti motion capture. Disarankan kepada pemangku kebijakan untuk menerapkan peranti ini secara terbatas di Sekolah Dasar yang memiliki kesiapan untuk menerapkan teknologi.


Full Text:

PDF

References


Hung, S. W., Huang, Y. C., & Chen, W. C. (2015). Effect of different instructional media on acquisition of martial arts skills by elementary school students. South African Journal for Research in Sport, Physical Education and Recreation, 37(3), 113-122.

Kang, S. A. (2017, March). A Study of Teaching Plan for the Physical Activity Using ICT. In International Conference on Information Science and Applications (pp. 770-776). Springer, Singapore.

Sykora, M., Chung, P. W. H., Folland, J. P., Halkon, B. J., & Edirisinghe, E. A. (2015). Advances in sports informatics research. In Computational Intelligence in Information Systems(pp. 265-274). Springer, Cham.

Witkowski, K., Piepiora, P. A., & Stariczenkow, I. (2016). ANALYSIS AND EVALUATION OF SPORTS FIGHT IN MIXED MARTIAL ARTS WITH USING OF AUGMENTED REALITY AS AN ELEMENT OF COACH CONTROL IN THIS DISCIPLINE. Roczniki Naukowe Wyższej Szkoły Wychowania Fizycznego i Turystyki w Białymstoku, (4 (18)), 68-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats