Efektivitas Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang

Rizki Angga Kusuma, Mashuri Eko Winarno

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas waktu belajar PJOK di SMPN 11 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas waktu pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang dilakukan di SMPN 11 Malang, Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 3 guru PJOK SMPN 11 Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berdasarkan salah satu point Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Peneliti melakukan pengamatan secara langsung saat guru melakukan proses kegiatan pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah efektivitas waktu pembelajaran PJOK pada guru pertama 98 menit dengan persentase sebesar 82%, guru kedua 98 menit dengan persentase sebesar 82%, guru ketiga 103 menit dengan persentase sebesar 86%, dengan hasil keseluruhannya 100 menit persentase 83%. 

Kata Kunci: Efektivitas, waktu belajar, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Article Template Article Template

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:

DOAJ Google ScholarGARUDA

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018

Lisensi Creative Commons

Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats