PENGARUH METODE SMALL SIDED GAMES DAN METODE BAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING-CONTROL SEPAKBOLA
Abstract
Abstract: This study aimed to determine the effect of small sided games methods and
part methods on learning outcomes passing-control participants extracurricular men's
soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 years. The study used a
quasi experimental research design with matching ordinal pairing. Samples numbered 24
participants extracurricular men's soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged
13-15 years. Data analysis technique used is one lane variant analysis. Based on the
results of data analysis showed Fcount > Ftable (391,32 > 4,30) so that it can concluded
part methods gives effect to the learning outcomes soccer passing-control. Learning
soccer passing-control using part methods increased learning outcomes soccer passingcontrol.
Key words: small sided games method, part method, soccer passing-control.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode small sided games
dan metode bagian terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler
sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun. Penelitian
menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi dengan ordinal pairing matching.
Sampel berjumlah 24 peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono usia
13-15 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian satu jalur.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel (391,32 > 4,30) sehingga
dapat disimpulkan metode bagian memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passingcontrol
sepakbola. Pembelajaran passing-control sepakbola menggunakan metode
bagian meningkat hasil belajar passing-control sepakbola.
Kata kunci: metode small sided games, metode bagian, passing-control sepakbola.
part methods on learning outcomes passing-control participants extracurricular men's
soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged 13-15 years. The study used a
quasi experimental research design with matching ordinal pairing. Samples numbered 24
participants extracurricular men's soccer MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi aged
13-15 years. Data analysis technique used is one lane variant analysis. Based on the
results of data analysis showed Fcount > Ftable (391,32 > 4,30) so that it can concluded
part methods gives effect to the learning outcomes soccer passing-control. Learning
soccer passing-control using part methods increased learning outcomes soccer passingcontrol.
Key words: small sided games method, part method, soccer passing-control.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode small sided games
dan metode bagian terhadap hasil belajar passing-control peserta ekstrakurikuler
sepakbola putra MTs Negeri Srono Kabupaten Banyuwangi usia 13-15 tahun. Penelitian
menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi dengan ordinal pairing matching.
Sampel berjumlah 24 peserta ekstrakurikuler sepakbola putra MTs Negeri Srono usia
13-15 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian satu jalur.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan Fhitung > Ftabel (391,32 > 4,30) sehingga
dapat disimpulkan metode bagian memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passingcontrol
sepakbola. Pembelajaran passing-control sepakbola menggunakan metode
bagian meningkat hasil belajar passing-control sepakbola.
Kata kunci: metode small sided games, metode bagian, passing-control sepakbola.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/um040v1i1p125-137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Jasmani
Article Template
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia indexed by:
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
Indonesian Physical Education Arena
Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2614-8293 (media online) - SK no. 0005.26148293/JI.3.1/SK.ISSN/2018.01 - 5 Februari 2018
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License