The Effect of Applying the Mentimeter Media Assisted Problem Based Learning Model on Mathematics Learning Outcomes in Data Presentation Materials

Layli Putri Arfianti Harahap, Yuli Mulyawati, Elly Sukmanasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan notulen terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. penelitian ini dilakukan di SDN 1 Lawanggintung Kota Bogor, Kelas VA, dan VB sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan microsoft excel 2021. Pengumpulan data untuk memperoleh tes hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,29258 sedangkan ttabel pada taraf signifikan /2 = 0,025 sebesar 2,00324, maka diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,29258 > 2,00324 sehingga H a diterima atau H 0 ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa matematika kelas V SDN Lawanggintung 1.


Keywords


Problem Based Learning , Minutes , Learning Outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um043v5i1p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

.

 

                           

Web Analytics Made Easy - StatCounter IRBEJ Stats.