MISKONSEPSI PADA MATERI GUGUS FUNGSI DAN POTENSI STRATEGI KONFLIK KOGNITIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MEMPERBAIKINYA

Maria Ulfah, Subandi Subandi, Munzil Munzil

Abstract


Gugus fungsi merupakan salah satu materi kimia organik yang  masih dianggap sulit oleh sebagian mahasiswa dan memiliki cakupan yang luas. Kesulitan belajar pada materi ini dikarenakan beberapa faktor, yakni:sifat multidimensi materi kimia organik, sikap pebelajar terhadap pembelajaran kimia organik, dan adanya miskonsepsi. Untuk mengatasi miskonsepsi materi gugus fungsi akan digunakan strategi konflik kognitiv. Karakteristik materi yang multidimensional akan lebih efektif bila materi ajar dibelajarkan dengan multipel representasi. Makalah ini akan mengkaji beberapa miskonsepsi yang dialami mahasiswa pada materi gugus fungsi dan keefektivitan strategi  konflik kognitiv dalam memperbaiki miskonsepsi tersebut. Metode kajian yang dgunakan adalah studi literatur.

Full Text:

Download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um026v2i22017p009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maria Ulfah, Subandi Subandi, Munzil Munzil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia)
Issued by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

INDEXING:

                 

Flag Counter 

<

View My Stats

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License