ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERPENDEKATAN STEM

Woro Sumarni, Nanik Wijayati, Sri Supanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan kognitif dan berpikir kreatif siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek berpendekatan STEM. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan desain One-Shot Case Study. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Semarang sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa mencapai kriteria baik, dengan ketercapaian tertinggi pada indikator pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai kriteria baik dengan ketercapaian tertinggi pada indikator kemampuan memandang informasi dari sudut pandang yang berbeda.


Keywords


kemampuan berpikir kreatif, project based learning, STEM, STEM-PjBL

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um026v4i12019p018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Woro Sumarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia)
Issued by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

INDEXING:

                 

Flag Counter 

<

View My Stats

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License