PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Sari Nemsih, Erviyenni Erviyenni, Johni Azmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif College Ball dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus dan dilaksanakan pada salah satu sekolah SMA Negeri di Pekanbaru, Riau. Setiap siklus terdiri atas dua proses belajar mengajar yang masing-masing mencakup empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif College Ball dapat meningkatkan aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan peserta didik serta hasil belajar mereka dalam pembelajaran larutan penyangga


Keywords


Strategi pembelajaran aktif College Ball, aktivitas belajar, dan hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um026v4i22019p066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sari Nemsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia)
Issued by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

INDEXING:

                 

Flag Counter 

<

View My Stats

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License