IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN LANGKAH PENYELESAIAN SOAL

Muh. Iqbal Fitranda, Muntholib Muntholib

Abstract


Hidrolisis garam termasuk materi pelajaran kimia yang kompleks yang sulit dipahami oleh sebagian siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam menyelesaian soal-soal hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 72 siswa kelas XI SMAN 9 Malang yang telah belajar hidrolisis garam. Instrumen penelitian ini adalah tes algoritmik terbuka yang terdiri atas 10 butir soal yang valid dengan Cronbach's Alpha reliability coefficient sebesar 0,713. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tes hidrolisis garam adalah 26,80% dengan kategori rendah.


Keywords


kesulitan siswa, hidrolisis garam, langkah penyelesaian soal

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um026v5i12020p032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muh. Iqbal Fitranda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia)
Issued by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.

INDEXING:

                 

Flag Counter 

<

View My Stats

J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License