Profesi auditor bagi mahasiswa akuntansi: sebuah studi eksploratoris

Hemas Suryaningrum, Basuki Basuki

Abstract


Abstract
This study aims to understand accounting students’ perceptions to become auditor permanently. An exploratory qualitative approach was used to investigate the topic through in-depth interviews with 10 final-year accounting undergraduate students. The results show that students have relatively similar insights about the auditor profession that is considered as a heavy job with a high level of stress and workload. However, students perceive that this profession can be taken into account as an option of a permanent job in the long term.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa akuntansi tentang profesi auditor sebagai pekerjaan tetap. Pendekatan kualitatif eksploratoris digunakan dengan melakukan wawancara mendalam pada 10 mahasiswa akuntansi tingkat akhir yang telah memenuhi kriteria informan. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa akuntansi berpandangan relatif sama mengenai profesi auditor, terutama pandangan bahwa profesi auditor merupakan pekerjaan yang berat dengan tingkat stress dan workload yang tinggi. Namun, mahasiswa memandang profesi auditor sebagai sebagai pilihan pekerjaan tetap mereka dalam jangka waktu panjang.


Keywords


Behavioral Accounting; Student’s Perception; Auditor Profession; Permanent Job; Akuntansi keperilakuan; Persepsi Mahasiswa; Profesi auditor; Pekerjaan Tetap.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S., & Selamat, S. (2002). Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Profesi Akuntansi Publik: Sebuah Studi Empiris. Jurnal Media Riset Akuntansi, Auditing, dan Informasi, 2(1), 66–90. doi:10.25105/mraai.v2i1.1773.

Andersen, W., & Chariri, A. (2012). Analisis Persepsi Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Profesi sebagai Akuntan. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 1–14.

Arifianto, F., & Sukanti, S. (2014). Pengaruh Motivasi Diri dan Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 3(2), 150–161. doi:10.21831/nominal.v3i2.2700.

Basuki. (2016). Metode Penelitian Akuntansi dan Manajemen Berbasis Studi Kasus. Surabaya: Airlangga University Press.

Fauzi, R. A. (2019). Correlation between the Student’s Perception about Professional Public Accountant and the Intention to Pursue the Career in Auditing at the Students of Department of Accounting

STIE Binaniaga. The Accounting Journal of Binaniaga, 4(1), 49–56. doi:10.33062/ajb.v4i01.313.

Gray, I., & Manson, S. (2015). The Audit Process: Principles, Practice, and Cases (Sixth Ed.). Singapore: Cengage Learning. https://books.google.com/books?id=5LgUlJ7vc_gC&pgis=1.

Hilman, H. (1995). Metode Pembuatan Kerja atau Skripsi Ilmu Hukum. Bandung: Mandar Maju.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Kejar Ketertinggalan Akuntan di ASEAN, IAI Siapkan Sertifikasi dan Penataan Profesi. http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-895=siaran-pers--iai-icaew-seminar-.

Institut Akuntan Publik Indonesia. (2018). Siaran Pers: Upaya Meningkatkan Jumlah CPA Melalui CPA Days 2018. https://iapi.or.id/Iapi/detail/571 .

Institut Akuntan Publik Indonesia. (2019). Directory 2019: Kantor Akuntan Publik dan Akuntan Publik. https://iapi.or.id/Iapi/detail/672 .

Jackling, B., De Lange, P., Phillips, J., & Sewell, J. (2012). Attitudes towards Accounting: Differences between Australian and International Students. Accounting Research Journal, 25(2), 113–130. doi:10.1108/10309611211287305.

Kompas. (2019). Kebutuhan Auditor Bertambah, IAPI Dorong Kompetensi Akuntan Publik. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/25/123743826/kebutuhan-auditor-bertambah-iapi-dorongkompetensi-akuntan-publik.

Lestari, I., & Yadyana, I. (2013). Persepsi dan Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Udayana terhadap Profesi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 3(1), 195–

Lukman, H., & Winata, S. (2017). Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta dengan Pendekatan Theory of Planned Behaviour. Jurnal Akuntansi, 21(2), 208-218. doi:10.24912/ja.v21i2.195.

Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja.

Murti, G. T., Nasution, S. M., & Juwita, R. (2017). Persepsi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik LP3I Bandung terhadap Profesi Akuntansi. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi dan

Bisnis), 3 (2), 1–6.

Navallas, B., del Campo, C., & Camacho-Miñano, M. del M. (2017). Exploring Auditors’ Stereotypes: The Perspective of Undergraduate Students. Revista de Contabilidad-Spanish Accounting Review, 20(1), 25–35. doi:10.1016/j.rcsar.2015.11.001.

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Daftar Kantor Akuntan Publik/Akuntan Publik yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Per 31 Desember 2019. https://www.ojk.go.id/id/data-dan-statistik/ojk/Pages/Data-AP-dan-KAP-Terdaftar-di-OJK-.aspx.

Putra, A. (2012). Pengaruh Minat dan Motivasi Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Musik Terhadap Prestasi Belajar Seni Budaya di SMPN 1 Wates (Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta,

Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/9917/ .

Sugahara, S., & Boland, G. (2006). Perceptions of the Certified Public Accountants by Accounting and Non-accounting Tertiary Students in Japan. Asian Review of Accounting, 14(1–2), 149–167.

doi:10.1108/13217340610729518.

Sukardi, D. (1994). Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Surabaya: Usaha Nasional.

Sulistiani, D. (2012). Faktor-faktor yang Memengaruhi Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarier sebagai Akuntan Publik: Aplikasi Theory of Planned Behavior (Studi Empiris pada Mahasiswa

Universitas Diponegoro) (Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang. http://eprints.undip.ac.id/35672/1/Skripsi_SULISTIANI.pdf.

Sulistyawati, A., Ernawati, N., & Sylviana, N. (2013). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pemilihan Karier. Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(2), 86–98. doi:10.15294/jda.v5i2.2990.

Suryobroto, S. (1988). Psikologi Kepribadian. Surabaya: PT Raja Grapindo.

Wisesa, A. L. (2012). Pengaruh Exercised Responsibility, Pengalaman, Otonomi, dan Ambiguitas Peran terhadap Kinerja Auditor di Semarang (Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang).

http://eprints.undip.ac.id/35670/1/Skripsi_WISESA.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um004v8i22021p129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Akuntansi Aktual is indexed by:

View JAA Stats
Jurnal Akuntansi Aktual is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License