Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Perspektif Fraud Diamond Theory

Iga Septyas Fransiska, Helianti Utami

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to understand the phenomenon of academic fraudulent behavior carried out by students in the perspective of the Fraud Diamond Theory. The theoretical contribution of this research is to enrich the Fraud Diamond Theory with a case study approach to students from educational study programs, as prospective teachers, especially in the field of accounting. The practical contribution of this research for lecturers and institutions is to explore the causes of fraudulent behavior and to anticipate the occurrence of academic frauds by designing a better teaching and learning system. This research is a qualitative study using a case study approach. The data is collected through semi-structured interviews from nine undergraduate students of Accounting Education who committed academic fraud at a university in Malang. The data analysis followed Miles et al (2009): data reduction, data presentation and conclusions drawing from the results of the study. This study uses the Fraud Diamond Theory as a basis for analyzing data to answer research questions. The results of the study show that students commit academic fraud because of pressure, lecturers' attitudes in the lecture process, rationalization of fraudulent behavior, and capabilities. All of this aspect reflects the Fraud Diamond Theory.


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami fenomena perilaku kecurangan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa dalam perspektif Fraud Diamond Theory. Kontribusi teoritis dari penelitian ini adalah memperkaya Fraud Diamond Theory dengan pendekatan studi kasus pada mahasiswa program studi kependidikan, sebagai calon guru, khususnya pada bidang akuntansi. Kontribusi praktis dari penelitian ini bagi dosen dan lembaga adalah mengetahui penyebab timbulnya perilaku tersebut dan selanjutnya dapat mengantisipasi terjadinya kecurangan akademik mahasiswa dengan mendesain sistem perkuliahan yang lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur pada sembilan orang mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi pada suatu PTN X di Kota Malang yang melakukan kecurangan. Metode analisa data mengacu pada tahapan analisa data kualitatif yang disarankan oleh Miles et al (2009), yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan Fraud Diamond Theory sebagai dasar dalam melakukan analisa data untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan kecurangan akademik karena mengalami tekanan, sikap dosen dalam proses perkuliahan, rasionalisasi perilaku kecurangan, serta kemampuan. Semua hal ini merupakan cerminan dari Fraud Diamond Theory.


Keywords


Attitude, Academic Cheating, Fraud Diamond Theory, Sikap, Perilaku Kecurangan Akademik

Full Text:

PDF

References


Abdullahi, R., & Mansor, N. (2015). Fraud Triangle Theory and Fraud Diamond Theory. Understanding the Convergent and Divergent For Future Research. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 5(4), 38–45. https://doi.org/10.6007/ijarafms/v5-i4/1823

Ardianawati, W., & Puspita, D. R. (2012). Demoralisasi Birokrasi: (Fenomena Korupsi Dan Red Tape Di Sektor Publik). Simposium Nasional Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara (SIMNAS ASIAN) ke-2. Diambil dari http://map.unsoed.ac.id/wp-content/uploads/2011/12/Paper-Wahyu-Ardianawati-Dyah-Retna-Puspita-Unsoed.pdf

Arles, L. (2014). Faktor – Faktor Pendorong Terjadinya Fraud : Predator vs. Accidental Fraudster Diamond theory Refleksi Teori Fraud Triangle (Klasik) Suatu Kajian Teoritis. Paper Ilmiah Program Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1–15.

Artani, K. T. B., & Wetra, I. W. (2017). Pengaruh Academic Self Efficacy Dan Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Bali. Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 7(2), 123–132.

Baridwan, Z. (2012). Sistem Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Bowers, J. W. (1964). Student Dishonesty and its Control in Colleges. In Bureau of Applied Social Research. ERIC.

Dewi, Y. P., & Wijayanti, A. (2017). Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa S1, S2, Dan S3 Jurusan Akuntansi FEB UB Berdasarkan Konsep Fraud Diamond. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Ketujuh. In Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2012). Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.

Moleong. (2016). Metodologi penelitian kualitatif moleong 2016. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Murdiansyah, I., Sudarma, M., & Nurkholis. (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik ( Studi Empiris Pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya ). Jurnal Akuntansi Aktual, 4(2), 121–133.

Nursalam, N., Bani, S., & Munirah, M. (2018). Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 16(2), 127–138. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a1

Nursani, R., & Irianto, G. (2016). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa : Dimensi Fraud Diamond. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2), 15.

Okezone. (2015). Tujuh Perusahaan dengan Skandal Terbesar di Dunia. Diambil dari https://economy.okezone.com/read/2015/10/19/213/1234204/tujuh-perusahaan-dengan-skandal-terbesar-di-dunia

Padmayanti, K. D., Sujana, E., & Kurniawan, P. S. (2017). Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa. e-journal S1 Ak, 8(2), 1–12.

Prasastie, A., & Gamayuni, R. R. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Laporan Keuangan dengan Perspektif Fraud Diamond. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 20(1), 19.

Prasetya, M. (2014). Gaya Dan Nilai Kepemimpinan Dalam Suksesi Perusahaan Bidang Developer Keluarga Di Surabaya. Agora, 2(2), 1187–1192.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Jurnal EQUILIBRIUM, 5(9).

Setiawan, D. F. (2016). Analisis Kecurangan Akademik Melalui Rubrik Penskoranpada Kajian Masalah Ekonomi. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2). https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.634

Wolfe, B. D. T., & Hermanson, D. R. (2014). Print The Fraud Diamond : Considering the Four Elements of Fraud. 12(Exhibit 1), 1–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um004v6i22019p316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Number: View My Stats

Flag Counter
Jurnal Akuntansi Aktual by http://journal2.um.ac.id/index.php/jaa/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Creative Commons License

View My Stats