Pengaruh penggungkapan tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek

Anik Masruroh, Makaryanawati Makaryanawati

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effect of corporate social responsibility disclosure (X) on firm value (Y). The company is currently not only focused on maximizing profits, but also required to care about social responsibility. Companies can use social responsibility ways to improve competitive advantage so that the more disclosure made will improve the company’s image and the sustainability of the company will be maintained. This study is quantitative research. Data were collected from 241 Indonesia mining companies' annual reports from 2011 to 2017. The result shows that corporate social responsibility disclosure has a positive effect on firm value with ISO 26000 Guidance Standard on Social Responsibility as a measure of social responsibility disclosure. ISO 26000 has been used by a number of mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange as a guide in the implementation of corporate social responsibility activities in 2011 to 2017. Mining companies are industries that are very sensitive to environmental pollution, but the concern of mining companies to the environment is low because the average social responsibility disclosure with environmental sub-themes is only 1.68 compared to the sub-themes of community involvement and development that reach 5,20.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggungkapan tanggung jawab sosial (X) terhadap nilai perusahaan (Y). Perusahaan saat ini tidak hanya berfokus pada memaksimal laba, namun juga dituntut peduli terhadap tanggung  jawab sosial. Perusahaan dapat menggunakan tanggung  jawab sosial sebagai media untuk meningkatkan keunggulan, sehingga semakin banyak penggungkapan yang dilakukan akan meningkatkan image perusahaan dan keberlanjutan perusahaan akan terjaga, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari annual report 241 perusahaan pertambangan di Indonesia selama  periode  2011 sampai  2017. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  penggungkapan  tanggung jawab  sosial berpengaruh  positif terhadap  nilai  perusahaan  dengan  ISO 26000 Guidance Standard on Social Responsibility sebagai  pengukuran pengungkapan  tanggung  jawab  sosial. ISO 26000 telah dipergunakan oleh sejumlah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai panduan dalam pelaksanaan kegiatan tanggung  jawab sosial perusahaan pada tahun 2011 sampai 2017. Perusahaan pertambangan adalah jenis industri yang sangat sensitif terhadap pencemaran lingkungan, namun kepedulian perusahaan pertambangan terhadap lingkungan masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata pengungkapan tanggung jawab sosial dengan sub tema lingkungan hanya sebesar 1,68; jika dibandingkan dengan sub tema keterlibatan dan pengembangan masyarakat yang mencapai 5,20.


Keywords


Firm Value; Corporate Social Responsibility; nilai perusahaan; pertanggung jawaban sosial perusahaan

Full Text:

PDF

References


Anwar. (2016). Kajian Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Balance, XIII (2). Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/balance/article/view/1330.

Ardiyanto, T., & Haryanto. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of AccountingJournal of Accounting, 6(4), 1–15. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/ index.php/accounting/article/view/18687.

Aviyanti, S. C., & Isbanah, Y. (2019). Pengaruh eco-efficiency, corporate social responsibility, ownership concentration, dan cash holding terhadap nilai perusahaan sektor consumer goods di bei periode 2011-2016. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 77–84. Retrieved from https:// jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25114.

Azhar L, A. (2014). Pengaruh Elemen Corporate Governance terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsiblity. Jurnal Akuntansi, 3(1), 54–71. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/ index.php/JA/article/view/2535/0.

Azheri, B. (2012). Corporate Social Responsibility: Dari Voluntary Menjadi Mandator. Jakarta: Rajawali Pers.

Barnea, A., & Rubin, A. (2010). Corporate Social Responsibility as a Conflict Between Shareholders. Journal of Business Ethics, 97(1), 71–86. https://doi.org/10.1007/s10551-010-0496-z.

Belkaoui, A., & Karpik, P. G. (1989). Determinants of the Corporate Decision to Disclose Social Information. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 2(1). https://doi. org/10.1108/09513578910132240.

Bergstresser, D., & Philippon, T. (2006). CEO Incentives and Earnings Management. Journal of Financial Economics, 80, 511–529. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2004.10.011.

Bhattacharya, C. B., Korschun, D., & Sen, S. (2009). Strengthening Stakeholder-company Relationships Through Mutually Beneficial Corporate Cocial Responsibility Initiatives. Journal of Business Ethics, 85(SUPPL. 2), 257–272. https://doi.org/10.1007/s10551-008-9730-3.

Carroll, A. B. (1999). Corporate Social Responsibility: Evolution of a Definitional Construct. Business & Society, 38(3), 268–295. https://doi.org/10.1007/BF01216493.

Chung, K. H., & Pruitt, S. W. (1994). Simple of Tobin’s Approximation q. Financial Management, 23(3). https://doi.org/DOI: 10.2307/3665623.

Danilovic, M., Hensbergen, M., Hoveskog, M., & Zadayannaya, L. (2015). Exploring Diffusion and Dynamics of Corporate Social Responsibility. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 22(3), 129–141. https://doi.org/10.1002/csr.1326.

Dewanti, M. P. R. P., & Djajadikerta, H. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Maranatha, 10(1), 98–116. Retrieved from http://journal.maranatha.edu/index. php/jam/article/view/932.

Dramawan, I. D. K. A. (2015). Pengaruh Risiko Keuangan dan Pertumbuhan Penjualan Pada Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Property. Buletin Studi Ekonomi, 20(2), 158–167. Retrieved from https://ojs. unud.ac.id/index.php/bse/article/view/18840.

Elkington, J. (1998). Accounting for The Triple Bottom Line”. Measuring Business Excellence, 2(3), 18–22. https://doi.org/10.1108/eb025539.

Epstein, M. J., & Freedman, M. (1994). Social Disclosure and the Individual Investor. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 7(4), 94–109. https://doi.org/10.1108/09513579410069867.

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG dan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi, 12(1), 1–19. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/infestasi/article/view/1797.

Freeman, R. E., & Reed, D. L. (1983). Stockholders and Stakeholders: A New Perspective on Corporate Governance. California Management Review, 25(3), 88–106. https://doi.org/10.230 7/41165018. Ghozali, I., & Chariri, A. (2014). Teori Akuntamsi International Financial Reporting System (IFRS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grimmer, M., & Bingham, T. (2013). Company environmental performance and consumer purchase intentions. Journal of Business Research, 66(10), 1945–1953. https://doi.org/10.1016/j.jb usres.2013.02.017.

Hadi, N. (2014). Corporate Social responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hackston, D., & Milne, M. J. (1996). Some Determinants of Social and Environmental Disclosures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 9(1), 77–108. https:// doi.org/https://doi.org/10.1108/09513579610109987.

Harjoto, M., & Laksmana, I. (2018). The Impact of Corporate Social Responsibility on Risk Taking and Firm Value. Journal of Business Ethics, 151(2), 353–373. https://doi.org/10.1007 /s10551-016-3202-y. Hasibuan, V., AR, M. D., & NP, N. Gw. E. (2016). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(1), 1–13. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/ 1544.

Hudoyo, O., & Juniarti. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Sub Sektor Industri Metal, Pakan Ternak, Kertas, dan Kayu yang Terdaftar di BEI 2009-2013. Business Accounting Review, 3(2), 121–130. Retrieved from http://publication.petra .ac.id/index.php/ akuntansi-bisnis/article/view/3856/3460.

Jitmaneeroj, B. (2018). A latent variable analysis of corporate social responsibility and firm value. Managerial Finance, 44(4), 478–494. https://doi.org/10.1108/MF-08-2017-0303.

Jo, H., & Harjoto, M. A. (2011). Corporate Governance and Firm Value: The Impact of Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethics, 103(3), 351–383. https://doi.org/10.1007/ s10551-011-0869-y.

Kent, P., & Zunker, T. (2013). Attaining Legitimacy by Employee Information in Annual Reports. Accounting, Auditing and Accountability Journal, 26(7), 1072–1106. https://doi.org/10.1108/ AAAJ-

-2013-1261.

Khafa, L., & Laksito, H. (2015). Pengaruh Csr, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Keputusan Investasi Pada Kinerja Keuangan Perusahaan Dan Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting,

(4), 1–13. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/ article/view/9575. Li, D., Xin, L., Chen, X., & Ren, S. (2016). Corporate social responsibility, media attention and firm value: empirical research on Chinese manufacturing firms. Quality and Quantity, 51(4), 1563–1577. https://doi.org/10.1007/s11135-016-0352-z.

Maryanti, E., & Tjahjadi, B. (2013). Analisis Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(1), 47–62. Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/JEBA/article/view/4534.

Meyer, J. W., & Rowan, B. (1977). Institutionalized Organizations: Formal Structure as Myth and Ceremony. American Journal of Sociology, 83(2), 340–363. https://doi.org/10.1086/226550. Nahda, K., & Harjito, D. A. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.20885/jsb.vol15.iss1.art1.

Natanagara, D. M., & Juniarti. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Respon Nilai Perusahaan pada Subsektor Semen, Keramik, Plastik, dan Kimia. Business Accounting Review, 3(2), 271–280. Retrieved from http://publication.petra.ac.id / index.php/akuntansi-bisnis/article/view/3871/3475.

Putri, H. C. M., & Raharja, S. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderating. Diponegoro Journal of Accounting, 2(3), 1–15. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php /accounting/ article/view/3412.

Retno M, R. D., & Prihatinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Nominal, I (5), 12–14. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/1000.

Rosiana, G. A. M. E., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi, 5(3), 723–738. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/ index.php/Akuntansi/ article/view/7666.

Sari, P. Y., & Priantinah, D. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Nominal, 7(2), 111–125. Retrieved from https://journal .uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/19364.

Sari, W. A., Handayani, S. R., & Nuzula, N. F. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan (Studi Komparatif Pada Perusahaan Multinasional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Efek Malaysia tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 74–83. Retrieved from http://administ rasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1562.

Sembiring, C. L. (2017). Manajemen Laba dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan Komisaris Independendan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 2, 20–41. Retrieved from https://e-journal. unair.ac.id/BAKI/article/view/3544.

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan KInerja Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi (SNA). Retrieved from http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/12943.pdf.

Setyowati, V. K., Zahroh, Z. A., & Endang, M. G. W. (2014). Pengaruh Pengungkapan Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Pada Indeks Bisnis-27 yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–10. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/ article/view/612

Sukamulja, S. (2005). Good Corporate Governance di Sektor Keuangan: Dampak GCG Terhadap Kinerja Perusahaan (Kasus di Bursa Efek Jakarta). Benefit, 8(1), 1–25. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/1193.

Syafrinaldi, K. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2012. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 2(1), 1–30. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/8144.

Untung, Hendrik Budi. (2009). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Waddock, S. A., & Graves, S. B. (1997). The Corporate Social Performance-Financial Performance Link. Strategic Management Journal, 18(4), 303–319. https://doi.org/http://dx.doi.org /10.1002/ (SICI)1097-0266(199704)18:4%3C303::AID-SMJ869%3E3.0.CO;2-G.

Widyanti, R. A. Y. U. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Dividend Payout Ratio, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(3), 1048–1057. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/ 10219.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um004v7i12020p67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

Visitor Number: View My Stats

Penghitung Bendera
Jurnal Akuntansi Aktual by http://journal2.um.ac.id/index.php/jaa/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Lisensi Creative Commons

View My Stats