Publication Process

DESKRIPSI PROSES EDITING, REVIEW & PUBLIKASI
JURNAL AKUNTANSI AKTUAL

*berlaku efektif sejak 1 Juni 2020

 

Pengiriman Artikel oleh Penulis

  1. Penulis mengirimkan file di JAA melalui OJS JAA
  2. Editor JAA memeriksa ruang lingkup dan tingkat plagiairisme. Untuk artikel Bahasa Inggris, editor juga memeriksa grammar dan academic writing.
  3. Jika ruang lingkup sesuai dan tingkat plagiasi kurang dari 25% maka editor mengirimkan email ke penulis terkait diterimanya artikel untuk proses review. Untuk artikel Bahasa Inggris, email terkait penerimaan artikel juga memasukkan syarat kesesuaian grammar dan academic writing.
  4. Email juga berisi Detail Kebijakan Biaya Publikasi JAA dimana penulis dikenakan biaya Rp500.000 yang terbagi menjadi dua kali pembayaran yaitu sebesar Rp350.000 untuk tahap pertama (biaya review) dan tahap kedua yaitu Rp150.00 (biaya publikasi). Penulis diharapkan tidak melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum menerima email terkait hasil uji ruang lingkup, tingkat plagiarism serta detail Kebijakan Biaya Publikasi JAA.
  5. Penulis melakukan pembayaran tahap pertama sebesar Rp350.000 dan memberikan konfirmasi pembayaran (sesuai dengan petunjuk di email yang dikirimkan oleh JAA di point 2).
  6. JAA menerbitkan Letter of Submission (LOS) setelah menerima konfirmasi pembayaran dari penulis.
 

Proses Review Artikel

  1. Editor mengirimkan artikel ke reviewer. Batas waktu pengumuman artikel diterima atau ditolak adalah maksimal satu bulan sejak artikel diterima oleh JAA.
  2. Reviewer mereview artikel dalam kurun waktu satu sampai empat minggu sejak Letter of Submission (LOS) diterbitkan.
  3. Keputusan hasil review adalah artikel diterima atau artikel ditolak. JAA mengirimkan hasil review ke penulis.
  4. Penulis dengan artikel yang diterima tanpa revisi maka akan menerima surat dari JAA berisi Detail Kebijakan Biaya Publikasi Artikel JAA Tahap 2. Dalam surat tersebut disebutkan bahwa penulis diharapkan membayar biaya publikasi tahap 2 sebesar Rp150.000. JAA kemudian menerbitkan Letter of Acceptance (LOA) dalam kurun waktu 1-2 hari sejak JAA menerima konfirmasi pembayaran dari penulis.
  5. Artikel yang tergolong diterima dengan revisi maka hasil review dikirimkan ke penulis sehingga penulis dapat melakukan revisi sesuai hasil review. Batas waktu revisi artikel oleh penulis selambat- lambatnya satu bulan sejak penulis menerima hasil review. Jika JAA belum menerima hasil revisi dari penulis sampai batas waktu satu bulan tersebut, maka artikel akan langsung ditolak oleh JAA.
  6. Penulis mengirimkan kembali artikel yang telah direvisi ke JAA yang kemudian artikel akan melalui proses uji plagiasi. Jika tingkat plagiasi kurang dari 25%, maka editor JAA akan mengirimkan artikel ke reviewer. Jika tingkat plagiasi lebih dari 25% maka editor JAA akan mengembalikan artikel ke penulis sehingga penulis dapat memperbaiki artikel sehingga dapat memenuhi standar tingkat plagiasi. Batas waktu perbaikan artikel dari tingkat plagiasi ini adalah selambat-lambatnya 1 bulan sejak penulis menerima pemberitahuan terkait tingkat plagiasi. Hasil review artikel kemudian diinformasikan ke penulis sesuai dengan prosedur point 1 sampai dengan 5 di atas.
  7. Berdasarkan point 5 dan 6 di atas, jika hasil revisi diterima oleh reviewer maka artikel siap untuk diterbitkan dan proses berikutnya adalah sesuai dengan point 4.