MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN

Nur Khikmah

Abstract


Abstract: The success of educational programs in schools is greatly influenced by the condition of educational facilities and infrastructure. Meeting the needs of infrastructure is aimed at describing and analyzing the planning, organizing, mobilizing, monitoring, supporting and inhibiting factors for infrastructure management to develop the quality of education in MI Kebonharjo, North Semarang. Qualitative research data collection techniques by observation, interview, documentation and triangulation. Data analysis techniques: data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The findings of this study are planning with annual meetings, evaluating, reviewing work programs, carrying out program activities and program socialization to parents. Organizing: organizational structure, staffing, job descriptions and responsibilities, communication and coordination. Mobilization by procuring goods, inventory, maintenance, selection, reporting. Supervision by evaluating and supervising as well as follow-up from supervision. Supporting factors: neat design, employee placement, neat filing and the involvement of madrasah supervisors. Inhibiting factors: commitment of each human resource, lack of funds, complicated regulations and lack of employee skills development.

 

Keyword: infrastructure management, education quality

 

Abstrak: Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan. Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, serta faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan di MI Kebonharjo Semarang Utara. Teknik pengumpulan data penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan penelitian ini adalah perencanaan dengan rapat tahunan, evaluasi, mereview program kerja, melaksanakan program kegiatan dan sosialisasi program kepada wali murid. Pengorganisasian: struktur organisasi, penempatan staff, uraian tugas dan tanggung jawab, komunikasi dan koordinasi. Penggerakan dengan mengadakan barang, inventarisasi, perawatan, pemilihan, pelaporan. Pengawasan dengan melakukan evaluasi dan supervisi serta ada tindak lanjut dari pengawasan. Faktor pendukung: perancangan apik, penempatan pegawai, pengarsipan rapi dan keterlibatan pengawas madrasah. Faktor penghambat: komitmen masing-masing sumber daya manusia, minimnya dana, regulasi yang rumit dan kurangnya pengembangan keterampilan pegawai.

 

Kata Kunci: Manajemen Sarana Prasana, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bafadal, I. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayaningrat, S. 2007. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.

Moeloeng, L. J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, & Wahyu. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Nurhattati, F. M. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Prastyawan. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, (Online), (http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/2797), diakses 2 Mei 2019.

Siagian, S. P. 2012. Fungsi-fungsi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Trisnawati, Cut, Z. H., & Nasir, U. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. (Online), (http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/13184), diakses 2 Juli 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Khikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.