EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUANG KELAS SEBAGAI SARANA PERKULIAHAN

Barson Robert Murib, Ahmad Supriyanto, Asep Sunandar

Abstract


Abstract: the purpose of this study was to (1) determine the level of effectiveness of the use of lecture rooms for Education Administration students in each semester course in the 2018/2019 academic year; (2) knowing the level of effectiveness of the use of lecture rooms for Education Administration students in the classes of 2016, 2017 and 2018 in the even semester of the 2018/2019 academic year; and (3) knowing the level of effectiveness of the use of lecture halls for all Education Administration students in the even semester of the 2018/2019 academic year. The research method used is descriptive research with quantitative research types. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results of the study are (1) the level of effectiveness of the use of lecture rooms for Education Administration students in each semester course in the 2018/2019 academic year including the high category; (2) the level of effectiveness of the use of lecture rooms for the 2016, 2017 and 2018 Education Administration students in the even semester of the 2018/2019 academic year is also in high category; (3) the level of effectiveness of the use of lecture halls for all Education Administration students in the even semester of the 2018/2019 academic year is also in the high category.

 

Keywords: Effectiveness; Use of Lecture Rooms; Department of Educational Administration

 

Abstrak: tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan tiap mata kuliah semester genap tahun akademik 2018/2019; (2) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2016, 2017 dan 2018 pada semester genap tahun akademik 2018/2019; dan (3) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah seluruh mahasiswa Adminitrasi Pendidikan semester genap tahun akademik 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah (1) tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan tiap mata kuliah semester genap tahun akademik 2018/2019 termasuk kategori tinggi; (2) tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2016, 2017 dan 2018 pada semester genap tahun akademik 2018/2019 juga dikatergori tinggi; (3) tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah seluruh mahasiswa Administrasi Pendidikan pada semeter genap tahun akademik 2018/2019 juga dikategori tinggi. 

 

Kata Kunci: Efektivitas; Penggunaan Ruang Kuliah; Jurusan Administrasi Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekataan Praktek. Jakarta: PT Ashi Mahasatya.

Ardi, N.W. 2013. Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bafadal, I. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.

Barnawi & Arifin, M. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana. Jogjakarta: Arruzz Media.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2011. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Faiz R. B. dan Eran A., Decision Making for Predictive Maintenance in Asset Information Management, Edirisinghe Department of Computer Science, Loughborough University, Leicestershire, UK, Interdisciplinary

Handayaningrat, S1983. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung.

Hendyat, S & Wasyti. S, 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.

Kusumastuty, Karina .D. 2016. Prospek Analisi Post Occupancy Evaluation (POE) sebagi Tinjaun untuk Mengevaluasi Perfoma Ruan terbuka Hijau Publik di Perkotaan. TEMU ILMIAH IPLBI 2016, 78. DOI: http://temuilmiah.iplbi.or.id/wp-content/uploads.

Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik.. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawaroh, K. 2013. Metodelogi Penelitian. Malang: Intimedia

Mulyasa. E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. ALFABETA.

Phelupesik, Milany 2009 Perancangan Ruang Kelas Dengan Pendekatan Ergonomi Di Sekolah Alkitab Teologia Indonesia (SATI) Malang.(Undergraduate Thesis). DOI : http://repository.ubaya.ac.id/25923/.

Ulfatin, N. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Malang: Media Nusa Creative.

Saukah, Ali. B dan Imam. B. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Universitas Negeri Malang.

Setyadin, B. 2005. Desing dan Metode Penelitian Kuantatif, (modul IV). Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Siagian, S.P. 1978. Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Sunandar, A. 2015. Exploring of School Asset. International Conference on Education and Tarining (ICET) 2015, 35. DOI: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif & R & D. Bandung: Alfabeta.

Wiyono, B.B. 2007. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan action Reseach. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Barson Robert Murib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.