MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK

Moh. Dwi Kurniyawan, Sultoni Sultoni, Asep Sunandar

Abstract


Abstract:The purpose of the publication of this article is to describe the management of child-friendly schools in SMPN 10 Malang starting at the planning, organizing, implementing, monitoring, and roles of school principals, teachers, parents, and outsiders towards child-friendly school programs. This research uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of research conducted at the planning stage are to make indicators of the implementation of child-friendly schools that are listed in eight national education standards. The organizing stage is forming a child-friendly school implementation team. At the implementation stage is learning activities outside the classroom as a form of child-friendly learning. Child-friendly school supervision is conducted regularly by teachers and school principals on all school activities. Principals play a role in setting up child-friendly school programs, teachers play a role in fostering and assisting child-friendly school programs, parents play a role in supporting and participating in child-friendly school activities, and outsiders play a role in socializing child-friendly schools.

Keywords: management, school, child friendly school

Abstrak: Tujuan dari publikasi artikel ini yaitu mendeskripsikan mengenai manajemen sekolah ramah anak di SMPN 10 Malang yang dimulai pada tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan peran kepala sekolah, guru, orang tua, dan pihak luar terhadap program sekolah ramah anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada tahap perencanaan adalah membuat indikator implementasi sekolah ramah anak yang tertera di dalam delapan standar nasional pendidikan. Tahap pengorganisasian yaitu membentuk tim pelaksana sekolah ramah anak. Pada Tahap pelaksanaan adalah kegiatan belajar di luar kelas sebagai bentuk pembelajaran ramah anak. Pengawasan sekolah ramah anak dilakukan secara berkala oleh guru dan kepala sekolah terhadap semua kegiatan sekolah. Kepala sekolah berperan membuat tatanan program sekolah ramah anak, guru berperan membina dan mendampingi program sekolah ramah anak, orang tua berperan mendukung dan mengikuti kegiatan sekolah ramah anak, dan pihak luar berperan member sosialisasi terkait sekolah ramah anak.

Kata kunci: manajemen, sekolah, sekolah ramah anak

Full Text:

PDF

References


Alfina, A. & Anwar, R.N. Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 04 (1): 37.

Baihaqi. Pengawasan sebagai Fungsi Manajemen Perpustakaan dan Hubungannya dengan Disiplin Pustakawan. LIBRIA. 8 (1): 132.

Batlajery, S. 2016. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial. 2 (2): 137.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2015. Panduan Sekolah Ramah Anak. (Online), (https://sekber-sra.com/wp-content/uploads/2017/09/1-Juknis-SRA.pdf), diakses 23 Februari 2019.

Haq, M.I. Quo Vadis Partisipasi Masyarakat dalam Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA) Sleman. Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. 16 (2): 86.

Meriza, I. Pengawasan dalam Institusi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 10 (1): 38.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Saefrudin. 2017. Pengorganisasian dalam Manajemen. Al-Hikmah. 5 (2): 59.

Septiani, I. 2012. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Jurnal Manejemen Pendidikan. 25 (5): 427.

Soekanto, S. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherdiyanto. 2014. Penerapan Pembelajaran di Luar Kelas dalam Materi Permasalahan Lingkungan dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Pendidikan Sosial. 1 (1): 97.

Sumarto. 2019. Manajemen Mutu Sekolah Melalui Pelaksanaan dan Pengawasan Program Kerja. Jurnal Literasiogi. 2 (2): 164.

Sunandar, A. 2006. Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1 (2): 3.

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Pasal 5 Tentang Perlindungan Anak, (Online), (http://www.kpai.go.id/hukum/undang-undang-uu-ri-no-23-tahun-2002-tentang-perlindungan-anak) diakses 6 Februari 2019.

Wurdayani, W. 2018. Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civic. 15 (1): 87.

Zulkarnain, W. 2016. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Moh. Dwi Kurniyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.