PERBEDAAN MINAT BERWIRAUSAHA BERDASARKAN JENIS KELAMIN MAHASISWA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui tingkat niat berwirausaha mahasiswa berdasarkan jenis kelamin laki-laki, (2) untuk mengetahui tingkat niat berwirausaha mahasiswa berdasarkan jenis kelamin perempuan, dan (3) untuk mengetahui perbedaan niat berwirausaha mahasiswa berdasarkan jenis kelamin perempuan, dan (3) untuk mengetahui perbedaan niat berwirausaha mahasiswa berdasarkan jenis kelamin perempuan. berdasarkan jenis kelamin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian komparatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel di setiap fakultas di Universitas Negeri Malang (UM) menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 381 mahasiswa. Analisis deskriptif dan independent sample t-test dengan SPSS 24 merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini adalah, (1) Tingkat niat berwirausaha mahasiswa UM berdasarkan jenis kelamin laki-laki berada pada kriteria sangat baik,
Abstrak: Tujuan penelitian ini: (1) tahu apa pun minat berwirausaha mahasiswa berdasarkan jenis kelamin-laki, (2) mengetahui minat tinggi berwirausaha mahasiswa berdasarkan jenis kelamin perempuan, dan (3) melihat adakah perbedaan minat berwirausaha mahasiswa berdasarkan jenis kelamin . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Teknik pengambilan sampel proporsional random sampling digunakan di masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM) dengan jumlah sampel 381 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 24.0. Hasil penelitian ini yakni; (1) tingkat minat berwirausaha mahasiswa UM berdasar jenis kelamin laki-laki berada pada kriteria sangat baik, (2) tingkat minat berwirausaha mahasiswa UM berdasar jenis kelamin perempuan berada pada kriteria yang sangat baik, dan (3) tidak ada perbedaan minat berwirausaha berdasarkan jenis kelamin mahasiswa UM.
Full Text:
PDFReferences
Abdelkarim, A. (2019). Toward Establishing Entrepreneurship Education and Training Programmes in a Multinational Arab University. Journal of Education and Training Studies, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.11114/jets.v7i1.3833.
Adha, M. A., Mustiningsih, M., & Maisyaroh, M. (2018). Hubungan Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dan Keefektifan Kinerja Pns Di Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 124–131. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p124
Al Mamun, A., Al Nawi, N. B. C., Mohiuddin, M., & Shamsudin, S. F. F. B. (2017). Entrepreneurial Intention and Startup Preparation: a Study among Business Student in Malaysia. Journal of Education for Business, 68(4), 296–314.
Alhaji, A. (2015). Entrepreneurship Education And Its Impact On Self Employment Intention And Entrepreneurial Self-Efficacy. Journal Humanities And Social Sciences, 3(1), 57–63.
Alma, B. (2013). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azhar, A., Javaid, A., Rehman, M., & Hyder, A. (2011). Entrepreneurial Intentions among Business Students in Pakistan. Journal of Business System, Governance and Ethics, 5(2), 13–21. https://doi.org/10.15209/jbsge.v5i2.181
BPS. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018 No. 42/05/th xxi. www.bps.go.id
Damayanti, N. (2013). Perbedaan Jenis Kelamin terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1(3), 1–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/3697/6274
Mertens, D. M. (2014). Research and Evaluation in Education and Psychology Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods (4th ed.). Sage.
Nabi, G., Linan, F., Fayolle, A., Krueger, N., & Walmsley, A. (2017). The Impact of Entrepreneurship Education in Higher Education: A Systematic Review and Research Agenda. Academy of Management Learning & Education, 16(2), 277–299. https://doi.org/10.5465/amle.2015.0026
Ozora, D., Suharti, L., & Sirine, H. (2016). Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (SENDI_U) Ke 2, 623–632. media.neliti.com/media/publications/171974
Papzan, A., Arkavazi, K., & Kazemi, M. S. D. (2012). Assessment of Entrepreneurship Intention Among Agricultural Students of Razi University. International Journal of Research in Commerce, Economics & Management, 2(6), 5–9.
Rachmawati, Y. E. (2012). Hubungan antara Self Efficacy dengan Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir di Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya, 1(1), 58–70.
Santoso, S. (2010). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Gramedia.
Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2016). Research Methods for Business Students (7th ed.). Pearson Education Limited.
Sherlywati, Handayani, R., & Harianti, A. (2017). Analisis Perbandingan Kemampuan Kewirausahaan Pengusaha Perempuan Dan Laki-Laki: Studi pada UMKM di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133–212.
Stadler, A., & Smith, A. M. J. (2017). Entrepreneurship in Vocational Education. Journal of Industry and Higher Education, 31(2), 81–89. https://doi.org/10.2478/dcse-2018-0003
Sunarni. (2017). The Mapping of University Student’s Background, Expectation, and Entrepreneurship View on Future Career. International Research-Based Education Journal, 1(1), 69–76. http://journal2.um.ac.id/index.php/irbej/article/view/914/539
Sunarni, S., Zulkarnain, W., & Benty, D. D. N. (2017). Need Analysis Mapping of Entrepreneurship Training of University Student. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017), 128(Icet), 23–28. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.4
Sunarni, Zulkarnain, W., Sunandar, A., & Benty, D. D. N. (2018). Development of Self-Assessment as an Instrument to Measure Entrepreneurial Spirit of Undergraduate Students: a Solution for Future Career Planning. International Journal of Academic Management Science Research, 2(9), 19–26. www.ijeais.org/ijamsr
UM. (2018). “Guru” Indonesia Potret Kinerja UM 2015-2018. Universitas Negeri Malang.
Veena, M., & Nagaraja, N. (2013). Comparison of Male and Female Entrepreneurs-An Empirical Study. International Journal of Engineering and Management Research, 3(6), 138–143. www.ijemr.net
Vilathuvahna, A. A., & Nugroho, T. (2015). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Agriekonomika, 4(1), 107–119.
Walter, S. G., & Block, J. H. (2016). Outcomes of Entrepreneurship Education: An Institutional Perspective. Journal of Business Venturing, 31(2), 216–233.
Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.
Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research (Burhanuddin (ed.)). Universitas Negeri Malang.
Yuhendri, L. V. (2015). Perbedaan Minat Berwirausaha Mahasiswa ditinjau dari Jenis Kelamin dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA) FE UNP, 244–249.
Yunilasari, I., & Rahardjo. (2016). Analisis Pengaruh Faktor Gender dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Management, 5(3), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Maulana Amirul Adha, Imron Arifin, Maisyaroh Maisyaroh, Sultoni Sultoni, Sunarni Sunarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.