MANAJEMEN PROGRAM PUTRA PUTRI BERKARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Maharina Emiliya Yunita, Achmad Supriyanto, Desi Eri Kusumaningrum

Abstract


Abstrak: The Character Building Program is very important so that education management can function. The purpose of this study is to describe the activities of planning, organizing, implementing, evaluating, coordinating, and characterizing the Putra Putri Character program. This study uses qualitative research with case study type. The process of collecting data used by researchers is observation, interviews, and documentation. In data analysis, research conducts data collection, condensation data, data presentation, and conclusion collection. The conclusions of this study are (1) program planning produces schedules and provisions, (2) organizing programs produce organizational structures, (3) implementation programs complete written tests, interview tests, semi-finals, and grand finals, (4) updates made by parties schools consist of evaluating the activities that have been carried out by finalists and evaluating the implementation of the program, (5) the characters that appear after the program implementation are that students pay more attention to the compilation teacher teaching, obeying the rules, (6) conducting visits, and providing school funding, (7) the solution carried out by the school is changing the schedule of visits, looking for sponsors Kata kunci: pendidikan karakter, karakter Putra Putri 

Abstrak: Program Putra Putri Berkarakter sangat penting dilakukan agar manajemen pendidikan karakter dapat berjalan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan solusi program Putra Putri Berkarakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses data yang digunakan oleh peneliti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti melakukan data ,Kondensasi data, data sajian, dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perencanaan program menghasilkan jadwal serta syarat dan ketentuan, (2) program pengorganisasian menghasilkan struktur organisasi, pelaksanaan program termasuk tes tulis, tes wawancara, semi final, dan grand final, (4) evaluasi yang Dilakukan pihak sekolah evaluasi terhadap kegiatan yang telah dijalankan oleh finalis dan evaluasi program evaluasi, (5) karakter yang tampak setelah pelaksanaan program adalah peserta didik lebih memperhatikan guru ketika sedang mengajar, taat peraturan, (6). pelaksanaan kunjungan, dan penyediaan dana sekolah, (7) solusi yang dilakukan oleh sekolah yaitu mengganti jadwal kunjungan, mencari pihak sponsor.

 

Kata Kunci: pendidikan karakter, putra putri berkarakter 

Full Text:

PDF

References


A. Y. Sobri, “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Religi di Sekolah Dasar,” Sekol. Dasar Kaji. Teori Dan Prakt. Pendidik., vol. 24, no. 1, hlm. 18–25, 2017.

R. Megawangi, “Pendidikan karakter solusi yang tepat untuk membangun bangsa,” Jkt. Indones. Herit. Found., 2004.

S. E. Darmayanti dan U. B. Wibowo, “Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo,” J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 2, hlm. 223–234, 2014.

N. S. P. Ardi, A. Y. Sobri, dan D. E. Kusumaningrum, “Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik,” JAMP J. Adm. Dan Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 1, hlm. 17–25, 2019.

D. P. Nasional dkk., “Undang-Undang,” Sist. Pendidik. Nas., 2003.

Y. R. Prihartoyo dan S. I. A. Dwiningrum, “Manajemen Pendidikan Karakter di SMA De Britto Yogyakarta,” J. Akuntabilitas Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 1, hlm. 135–146, 2014.

P. Panoyo, Y. Riyanto, dan W. Handayaningrum, “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 2, hlm. 111–117, 2020.

N. Purwanto, “Dasar-dasar Ilmu Pendidikan,” Yogyak. Ar-Ruzz Media, 2008.

A. L. Y. DI PONDOK PESANTREN dan N. ISTIQAMAH, “MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER SANTRI.”

E. Supriyadi, Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Dosen Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, 2010.

M. Buchory dan T. B. Swadayani, “Implementasi program pendidikan karakter di SMP,” J. Pendidik. Karakter., no. 3, 2014.

W. Agus, Manajemen pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

O. Hamalik, “Manajemen pengembangan kurikulum,” 2006.

S. Sagala, “Konsep dan makna pembelajaran,” Bdg. Alf., 2010.

H. Gunawan dan P. Karakter, “Konsep dan Implementasi,” Bdg. Alf., 2012.

D. Nachrowi dan H. Usman, Teknik Pengambilan Keputusan. Grasindo, 2004.

S. Suradi, “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah,” Briliant J. Ris. Dan Konseptual, vol. 2, no. 4, hlm. 522–533, 2017.

S. Ubaidah dan others, “Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah,” Al-Fikr. J. Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, vol. 5, hlm. 56738, 2014.

M. Samani dan M. Hariyanto, “Konsep dan model pendidikan karakter,” Bdg. Remaja Rosdakarya, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maharina Emiliya Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.